Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bagikan STB TV Digital Gratis, Ini Cara Mengeceknya

Kompas.com - 27/02/2022, 08:41 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Simak cara mengecek kelurahan yang mendapatkan set top box gratis untuk TV digital.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membagikan set top box (STB) TV digital secara gratis.

Kominfo menyediakan 3.202.470 untuk dibagikan kepada masyarakat secara gratis dalam rangka merealiasikan kebijakan penghapusan TV analog (Analog Switch Off/ASO) tahap I.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo, Ismail menyatakan proses distribusi STB gatis tahap pertama dilakukan di 56 wilayah siaran yang mencakup 166 kabupaten/kota.

Baca juga: Cara Cek Kelurahan yang Dapat STB TV Digital Gratis

Untuk mengecek kelurahan mana yang akan mendapat jarah STB TV Digital gratis ini, bisa dilakukan dengan mengklik tautan berikut ini: https://komin.fo/stbASO1

"Masyarakat secara luas dapat melihat dalam link ini melalui website ini untuk mengetahui daerahnya yang akan terdampak ASO sekaligus jumlahnya dan besaran set top box yang akan dterima masing-masing desa," ungkap Ismail dalam konferensi online, Jumat (25/2/2022).

Ismail menyatakan bahwa STB TV Digital gratis ini hanya untuk masyarakat yang tidak mampu ssuai data Kementerian Sosial. Bagi masyarakat yang mampu diharapkan untuk membelinya secara mandiri.

Dijelaskan, pemberia STB gratis ini merupakan langkah untuk mendukung ASO yang akan diberlakukan mulai 30 April 2022, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran.

"Bagi masyarakat yang tidak termasuk di dalam daftar rumah tangga miskin calon penerima bantuan STB dan sehari-harinya menggunakan siaran TV analog, kami menghimbau agar segera membeli STB secara mandiri dan tidak menunggu hingga siaran TV analog dihentikan," kata Ismail. Kominfo telah bekerja sama dengan pihak dari penyelenggara multipleksing untuk menyediakan perangkat STB gratis dengan pembagian sumber penyediaan sebagai berikut:

  • 893.044 unit STB dari grup SCM (SCTV dan Indosiar),
  • 842.631 unit STB dari grup MNC (RCTI dan Global TV),

 

  • 454.749 unit STB dari grup Trans Media (Trans TV dan Trans7),

 

  • 519.930 unit STB dari grup Media (Metro TV),

 

  • 368.990 unit STB dari grup RTV, dan

 

  • 87.277 unit dari Pemerintah.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Ismail, ada kemungkinan bahwa jumlah STB gratis yang akan dibagikan masih akan terus meningkat.

"Jumlah STB tersebut masih akan bisa bertambah dari lembaga penyiaran swasta yang saat ini masih dalam proses evaluasi dan seleksi penyelenggaraan multipleksingnya," tutur Ismail.

Kominfo juga telah mendapat dukungan dari para produsen elektronik dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan STB.

Baca juga: Set Top Box (STB) untuk Migrasi TV Analog ke TV Digital Bisa Didapatkan Gratis, Ini Syaratnya

 

Ismail menyampaikan bahwa kebutuhan STB akan terpenuhi dan tidak akan menjadi halangan untuk pelaksanaan ASO tahap pertama hingga tahap ketiga yang akan diakhiri pada 2 November 2022.

"Kami juga mendorong agar sleuruh lembaga penyiaran terus meningkatkan kualitas siaran digitalnya dan menggencarkan sosialiasi kepada pemirsanya agar beralih ke siaran digital," pungkas Ismail. (Penulis: Kevin Rizky Pratama | Editor: Reska K. Nistanto)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com