Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Self Healing, Self Love, Self Reward, dan Self Care yang Sering Disebut

Kompas.com - 27/02/2022, 08:40 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Dalam isu kesehatan mental, kita sering mendengar beberapa istilah dipakai masyarakat sebagai seperti self healing dan self love.

Bahkan ada beberapa tren yang kemudian lahir terkait dengan kesehatan mental. Seperti tren healing. Di media sosial, banyak sekali bersliweran kata-kata healing.

Contohnya menyesap kopi di kafe disebut sebagai healing, piknik ke pantai pun disebut juga dengan healing.

Danti Wulan Manunggal, Psi, Psikolog, menyatakan bahwa kesadaran akan kesehatan mental adalah sebuah hal yang positif.

Namun sayangnya, banyak yang ternyata tak mengerti benar konsep dari metode-metode perawatan mental itu sendiri, termasuk soal self healing.

"Kebanyakan hanya meniru atau latah, tanpa tahu konsep yang sebenarnya dari self healing atau self reward," ujarnya pada Kompas.com, Jumat (25/2/2022).

Agar tak salah mengerti lagi, kenali konsep self healing, self reward, self love dan self care berikut ini:

Baca juga: Sama-sama Merawat Jiwa, Ini Beda Self Healing, Self Reward, Self Care dan Self Love

Self healing

Sesuai namanya, healing yang berarti penyembuhan, metode ini adalah metode penyembuhan luka batin atau mental yang bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Bisa karena memendam perasaan sedih yang berlarut-larut, merasa diri selalu gagal, mengalami kecemasan yang terlalu hingga mengarah ke depresi.

Jika berbicara soal self healing, maka harus ditilik apakah seseorang memang butuh disembuhkan atau tidak. Dan jika berbicara soal penyembuhan, berarti ada permasalahan gangguan penyakit tertentu di dalam jiwa atau fisiknya.

Kondisi yang butuh disembuhkan ini beragam. Semisal satu bulan didera stres karena di-PHK, putus cinta, atau menderita long covid lama.

Nah kondisi ini jika tidak diupayakan untuk sembuh, maka bisa bermuara ke depresi.

"Kadang seminggu saja dalam suasana hati sedih terus menerus atau selalu penuh amarah, tak bisa tidur, berkurang napsu makan, nah ini sudah gejala-gejala seseorang perlu disembuhkan jiwanya," ujar Danti.

Self healing sendiri bisa dilakukan dengan beragam cara. Mulai dari menerima diri sendiri, memaafkan diri sendiri, melakukan kegiatan yang positif, beraktivitas yang menyenangkan seperti jalan-jalan atau melukis, memperbaiki pola makan juga pola tidur.

Self love

Self love cara untuk lebih mengenal diri, mengetahui batasan-batasan yang bisa diterima diri, kemudian fokus pada kelebihan yang dimiliki dan tak tenggelam terhadap kekurangan yang ada.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com