Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Self Healing dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Kompas.com - 27/11/2021, 09:10 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Istilah self healing kian banyak diperbincangkan dalam beberapa waktu belakangan ini, terutama di media sosial. Self healing diidentikan dengan upaya untuk memulihkan kondisi diri dari luka psikologis di masa lalu.

Tapi apa sebenarnya yang dimaksud self healing?

Pada dasarnya, self healing adalah proses penyembuhan luka batin atau mental yang disebabkan oleh berbagai hal.

Luka batin yang dimaksud bisa gangguan psikologis, trauma, pengalaman buru, atau kejadian lainnya yang dapat berdampak buruk pada kondisi emosional.

Berbeda dengan luka fisik, luka batin atau psikologis tidak terukur secara jelas masa penyembuhannya.

Penyembuhan luka psikologis untuk mengatasi pengalaman tidak mengenakan, misalnya seperti patah hati atau kejadian traumatis, memang bukan hal yang mudah.

Baca juga: Psikolog Unair: Cara Terbaik Self Healing untuk Sembuhkan Luka Batin

Mengutip berita Kompas.com (13/7/2021), self healing menurut Pakar Psikologi Universitas Airlangga (Unair) Primatia Yogi Wulandari, adalah salah satu teknik atau intervensi yang dilakukan ketika muncul masalah/gangguan psikologis.

Sehingga, self healing dibutuhkan ketika dirasa ada pikiran atau perasaan yang cukup mengganggu aktivitas dan fungsi sehari-hari.

“Misal, ketika kita merasa segala sesuatu menjadi membosankan; sering kehilangan konsentrasi; atau merasakan kecemasan yang kadang tidak jelas sumbernya. Bisa juga kita mendeteksinya dari sinyal tubuh yang sifatnya fisik, seperti mudah lelah; sering ada keluhan fisik namun tidak ada penyebab yang jelas; atau sulit tidur,” ujar Primatia.

Tujuan self healing

Self healing bertujuan untuk memahami diri sendiri, menerima ketidaksempurnaan, dan membentuk pikiran positif dari apa yang terjadi. Karena itu, self healing bukan hanya menyembuhkan pikiran dan jiwa tetapi juga tubuh kita.

Pasalnya, keadaan mental atau emosional yang buruk dapat berpengaruh pada kondisi fisik kita.

Baca juga: Mengenal Self Healing, Tujuan dan Siapa Saja yang Membutuhkannya

 

Seperti kita ketahui bahwa kesehatan emosional dan fisik berjalan beriringan dan saling berkaitan. Ketika kondisi mental buruk, keadaan fisik kita bisa menjadi lemah dan begitu juga sebaliknya.

Cara melakukan self healing

Bentuk aktivitas self healing bisa dilakukan dalam berbagai macam cara. Misalnya, relaksasi melalui pernafasan serta kontemplasi dengan meditasi atau yoga.

Ini bertujuan untuk menciptakan emosi positif yang dapat berdampak pada munculnya endorfin atau hormon bahagia dalam tubuh.

Jika merasa sulit untuk melakukan proses penyembuhan secara mandiri, Anda juga bisa melakukan self healing dengan bantuan tenaga profesional seperti psikolog.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com