Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan IOH soal Sinyal Indosat yang Mengalami Gangguan Berhari-hari

Kompas.com - 04/03/2024, 11:05 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) buka suara terkait sinyal Indosat yang mengalami gangguan sejak Sabtu (2/3/2024).

SVP Head of Corporate Communications IOH, Steve Saerang menyampaikan permohonan maaf atas gangguan sinyal Indosat tersebut.

"Kami menyampaikan permohonan maaf yang setulus-tulusnya kepada pelanggan setia kami atas kendala lanjutan yang mungkin masih dirasakan terkait dengan proses pemulihan layanan IT kami," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (3/3/2024) malam.

Hingga Senin (4/3/2024), sejumlah warganet masih mengeluhkan gangguan sinyal Indosat. Menurut mereka, gangguan sinyal Indosat itu sudah terjadi sejak dua hari yang lalu.

"Ini indosat saya masih ga da jaringan dari kemari," tulis @titisjalani.

"Sebel udah dari sabtu malem kak masih problem sampe sekarang," ungkap @unbrxxk4ble.

Lantas, bagaimana update penanganan gangguan sinyal Indosat hari ini?

Baca juga: Warganet Keluhkan Indosat Gangguan Internet Hari Ini, Begini Penjelasan Indosat

Penyebab gangguan sinyal Indosat

Menurut Steve, gangguan sinyal Indosat disebabkan karena insiden kebakaran di Gedung Prangkat Jatilihur, Jawa Barat pada Sabtu, 2 Maret 2024.

Insiden itu mengakibatkan sebagian pengguna IM3 khususnya yang berada di wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) mengalami gangguan sinyal.

Namun, pihaknya mengungkapkan bahwa insiden kebakaran tersebut sudah berhasil dipadamkan secara menyeluruh.

Selanjutnya, petugas melakukan upaya perbaikan secara non-stop sejak Sabtu malam.

"Tim teknis kami yang dibantu oleh para mitra kami sedang menyalakan catu daya (power) ke perangkat IT lainnya dan melakukan recovery sistem secara bertahap setelah kondisi di dalam gedung perangkat tersebut dinyatakan aman untuk dimasuki dan beraktifitas," kata dia.

Setelah dilakukan upaya tersebut, Steve mengeklaim bahwa sinyal pengguna IM3 di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat sudah kembali normal sejak perbaikan Minggu (3/3/2024) dini hari.

Baca juga: Jaringan Indosat dan Tri Sempat Alami Gangguan, Ini Penyebabnya

Update perbaikan gangguan sinyal Indosat

Kendati penyebab gangguan sinyal Indosat sudah teratasi, hingga Senin (4/3/2024) sejumlah pengguna masih mengeluhkan hal yang sama.

Menyikapi hal tersebut, Steve mengatakan, saat ini pihaknya masih terus berupaya untuk memperbaiki gangguan secepat mungkin.

"Saat ini tim teknis kami di lapangan sedang bekerja keras dan fokus melakukan semua upaya percepatan perbaikan untuk layanan IT lainnya yang kini sudah mulai dalam proses
recovery secara bertahap," ungkapnya.

Pihaknya mengaku akan terus mengerahkan tambahan tim teknis dari kantor Indosat pusat dan regional lainnya untuk bergotong-royong bersama para mitra agar layanan IT lainnya bisa berangsur-angsur normal sepenuhnya.

Sebagai tambahan informasi, Steve mengungkap bahwa layanan suara dan SMS IM3 di wilayah terdampak juga sudah kembali normal sepenuhnya sejak Minggu (3/3/2024) dini hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com