Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPDATE Formasi CPNS-PPPK IKN, Kemenag, Kemenhub, Kemenkes, Kemendikbud, dan Bawaslu 2024

Kompas.com - 19/04/2024, 16:00 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah menyetujui usulan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) pada rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) 2024 dari beberapa kementerian dan lembaga.

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nanang Subandi mengatakan, rekrutmen CASN akan diawali dengan penerimaan sekolah kedinasan pada akhir April atau Mei 2024.

Setelah itu, pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS dan PPPK. Namun, Nanang belum bisa membeberkan kapan pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 akan dibuka.

"Terkait adanya perubahan (jadwal pendaftaran CPNS dan PPK 2024) atau tidak, harus melewati keputusan resmi Panselnas. Jadi masyarakat silakan menunggu informasi resminya di kanal web dan medsos BKN," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (15/4/2024).

Baca juga: Libur Lebaran Berakhir, Kapan Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka?

Berikut formasi CPNS dan PPPK kementerian dan lembaga yang sudah disetujui Kemenpan-RB.

1. Kemenhub

Kemenpan-RB telah menyetujui 100 persen usulan formasi CPNS dan PPPK Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada rekrutmen CASN 2024.

Formasi CPNS dan PPK Kemenhub 2024 sebanyak 18.017 formasi yang terdiri dari 1.385 CPNS tenaga teknis, enam CPNS tenaga kesehatan, 16.543 PPPK tenaga teknis, dan 83 PPPK tenaga kesehatan.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pihaknya akan menjunjung tinggi obyektivitas dalam perekrutan ASN tahun ini.

Hal tersebut dimaksudkan untuk terselenggaranya pelayanan, peningkatan aksesibilitas, serta konektivitas sarana dan prasarana transportasi yang aman, nyaman, selamat, serta terpadu.

"18.000 formasi ini akan kami terima dengan bertanggung jawab agar calon ASN yang direkrut nantinya mampu melaksanakan program reformasi birokrasi yang sesuai dengan harapan Bapak Presiden," ujar Budi Karya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (18/4/2024).

Baca juga: Lulusan Mahad Aly Diperbolehkan Ikut Seleksi CPNS 2024, Apa Itu?

2. Bawaslu

Kemenpan-RB juga sudah menyetujui usulan formasi CPNS dan PPPK Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Jumlah formasi CPNS dan PPPK Bawaslu pada tahun ini sebanyak 18.557 formasi yang terdiri dari 1.984 CPNS dan 16.573 PPPK.

Menpan-RB Abdullah Azwar Anas berharap, rekrutmen tersebut memberi kesempatan besar kepada para honorer atau tenaga non-ASN di lingkungan Bawaslu yang selama ini sudah mengabdi kepada negara.

"Pemerintah berharap penyerapan tenaga non ASN/honorer di Bawaslu bisa optimal menjadi ASN, sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menuntaskan penataan tenaga non-ASN/honorer sesuai arahan Presiden," katanya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis.

Ia menambahkan, rekrutmen CPNS dan PPPK di Bawaslu diharapkan dapat menjadi instrumen untuk mendorong kinerja bagi lembaga ini dalam menghadapi pemilihan kepala daerah 2024.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com