Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Ruy Iskandar, Aktor Indonesia Bintang Avatar: The Last Airbender

Kompas.com - 25/02/2024, 16:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Netflix merilis serial live action Avatar: The Last Airbender sebanyak delapan episode pada Kamis (22/2/2024).

Adaptasi animasi Avatar: The Last Airbender ini menceritakan perjuangan Avatar bernama Aang mengalahkan Negara Api dan memulihkan keseimbangan dunia.

Dalam live action Avatar: The Last Airbender, salah satu tokoh bernama Letnan Jee mencuri perhatian. Tokoh tersebut diperankan oleh aktor keturunan Indonesia bernama Ruy Iskandar.

Letnan Jee adalah salah satu perwira senior di kapal yang dikomandoi Zuko, pangeran Negara Api yang memburu Aang.

Lantas, siapa itu sosok Ruy Iskandar aktor keturunan Indonesia yang bermain dalam serial Avatar: The Last Airbender?

Baca juga: Film Avatar The Way of Water Terinspirasi dari Indonesia, Ini Kata Sutradara


Mengenal Ruy Iskandar

Ruy Iskandar merupakan aktor yang lahir di Indonesia pada 27 Juni 1984. Dikutip dari Rotten Tomatoes, Ruy Iskandar menghabiskan masa kecilnya di Indonesia sampai hampir lulus SMA.

Dia kemudian melanjutkan studi mengambil kelas teater. Menurutnya, teater itu mudah dan akhirnya menekuni seni tersebut.

Kesukaan dunia peran membuat Ruy tertarik mempelajari akting di Program Akting Pascasarjana Universitas New York. Dia lulus dari pendidikan S2 tersebut pada 2010.

Ruy kemudian memulai karier aktingnya di panggung pertunjukan yang ada di Chicago dan New York, AS.

Tinggal di pusat Kota New York membuatnya menjadi bintang tamu di beberapa acara TV yang difilmkan di kota tersebut, termasuk episode The Blacklist yang tayang di NBC pada 2013 dan episode awal serial Gotham di Fox pada 2014.

Pada 2015, dia dipercaya memerankan tokoh Sebalos dalam serial komedi bertema hoki karya Denis Leary berjudul Benders yang tayang di IFC sebanyak delapan episode.

Karier Ruy Iskandar semakin berkembang usai karyanya masuk ke layar lebar lewat film Yes Day dan beradu akting dengan Jenna Ortega pada 2021.

Kini, dia semakin melebarkan kemampuan aktingnya dengan membintangi serial Netflix Avatar: The Last Airbender.

Ruy Iskandar beradu akting dalam serial tersebut dengan banyak aktor muda lainnya, seperti Gordon Cormier sebagai Aang, Dallas Liu sebagai Zuko, Kiawentiio Tarbell sebagai Katara, serta Ian Ousley sebagai Sokka.

Sebagai catatan, Dallas Liu pemeran tokoh Zuko juga mempunyai darah Indonesia sebagai keturunan China-Indonesia-Amerika.

Baca juga: Saat Avatar Aang dan Monkey D. Luffy Tampil di Olimpiade Tokyo 2020 dan Raih Medali Emas

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com