Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Dikaitkan dengan Teori Konspirasi, Apa Itu Illuminati?

Kompas.com - 11/01/2024, 15:45 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Illuminati sering kali dikatikan dengan sebuah organisasi yang menyembunyikan rahasia dan simbol-simbol tertentu.

Mereka disebut memiliki misi tersembunyi, bahkan memicu teori konspirasi global yang mengaitkannya dengan berbagai peristiwa.

Dan salah satu anggapan paling populer tentang Illuminati adalah, kelompok ini ingin membentuk New World Order atau tatanan dunia baru.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Kerja Sama Bilateral? Berikut Pengertian dan Tujuannya


Lantas, apa sebenarnya kelompok Illuminati?

Apa itu Illuminati?

Dikutip dari laman Encyclopedia Britannica, Illuminati adalah istilah yang telah digunakan sejak abad ke-15, yang diasumsikan atau diterapkan pada berbagai kelompok orang yang mengaku mendapat pencerahan luar biasa.

Illuminati merupakan bentuk jamak dari bahasa Latin illuminatus yang bermakna “terungkap” atau “tercerahkan”.

Menurut penganutnya, sumber “the Light (cahaya)” tersebut dipandang berasal langsung dari sumber yang lebih tinggi atau karena kondisi kecerdasan manusia yang diperjelas dan diagungkan.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Negara-negara Skandinavia dan Nordik

Alumbrados (bahasa Spanyol yang berarti “tercerahkan”) termasuk golongan pertama Illuminati yang muncul di Spanyol.

Sejarawan Spanyol Marcelino Menéndez y Pelayo pertama kali menemukan nama tersebut sekitar tahun 1492 (dalam bentuk aluminados, 1498).

Salah satu pemimpin mereka yang paling awal adalah María de Santo Domingo, yang kemudian dikenal sebagai La Beata de Piedrahita.

Dari kelompok yang berbeda adalah Rosicrucian, yang mengaku telah ada sejak tahun 1422 tetapi baru mendapat perhatian publik pada 1537.

Ajaran mereka menggabungkan sesuatu dari Hermetisme Mesir, Gnostisisme Kristen, Kabbala Yahudi, alkimia, dan berbagai kepercayaan dan praktik okultisme lainnya.

Baca juga: Mengenal Bangsa Celtic yang Disebut sebagai Leluhur Bangsa Eropa

Illuminati modern

Adam Weishaupt.Encyclopædia Britannica Adam Weishaupt.

Mungkin kelompok yang paling dekat hubungannya dengan nama Illuminati adalah gerakan pemikiran bebas yang didirikan pada 1 May 1776 oleh Adam Weishaupt.

Profesor hukum kanon di Ingolstadt dan mantan Jesuit bahkan disebut sebagai pelopor Illuminati. Para anggota perkumpulan rahasia ini menyebut diri mereka “Perfectibilists”.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com