Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang, Apa Bedanya?

Kompas.com - 16/11/2023, 15:45 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Maju tidaknya sebuah negara ditentukan oleh sejumlah faktor seperti stabilitas ekonomi, infrastruktur, hingga politik.

Negara-negara di dunia kemudian dibedakan dalam beberapa kategori, dari negara tertinggal, berkembang, dan negara maju, berdasarkan stabilitasnya.

Negara misalnya, cenderung memiliki infrastruktur yang baik, perekonomian stabil, serta industrialisasi dan standar hidup warga yang sangat tinggi.

Sedangkan negara berkembang adalah negara yang dibandingkan dengan negara maju, mempunyai rata-rata perekonomian yang lebih rendah.

Baca juga: Pengertian Dejavu dan Bagaimana Sensasi Aneh Ini Bisa Terjadi?


Pengertian negara maju

Istilah "negara maju" sering digunakan untuk menggambarkan negara berdaulat yang memiliki perekonomian matang dan infrastruktur berteknologi maju

Dikutip dari laman World Population Review, negara maju adalah negara-negara dengan ekonomi atau pasar yang maju.

Program Pembangunan PBB biasanya mengukur perkembangan manusia di negara-negara dunia dengan data dari berbagai sektor, mulai dari PDB per kapita, angka harapan hidup, stabilitas politik, dan akses terhadap listrik.

Poin-poin tersebut kemudian disusun menjadi satu skor, yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahunan.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Populasi? Simak Penjelasannya Berikut Ini

IPM berkisar antara 0.000 (perkembangan terendah) hingga 1.000 (perkembangan tertinggi), dan negara-negara dengan skor antara 1.000 dan 0.800 tergolong negara maju.

IPM dapat digunakan untuk menentukan negara terbaik untuk ditinggali, karena negara-negara maju biasanya menawarkan kualitas hidup yang lebih tinggi kepada penduduknya.

Selain tingkat kemakmurannya yang tinggi, semua negara maju mempunyai beberapa ciri yang sama, yakni sepenuhnya terindustrialisasi.

Dengan kata lain, negara-negara maju atau industri didirikan atas dasar perekonomian yang maju secara teknologi dan berbasis manufaktur.

Negara-negara maju juga mempunyai komitmen yang sama terhadap perekonomian pasar bebas, atau perekonomian yang didasarkan pada hukum penawaran dan permintaan.

Baca juga: Keanekaragaman Hayati: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Pengertian negara berkembang

Ilustrasi negara berkembang.iStockphoto/Kadek Bonit Permadi Ilustrasi negara berkembang.

Sebagaimana telah disebutkan, salah satu faktor penentu sebuah negara maju atau berkembang adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahunannya.

Halaman:
Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com