Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Jalan Panjang Menjadi K-Pop Idol

Kompas.com - 26/09/2023, 14:51 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Ramos Mangihut Yemima S. dan Ikko Anata

KOMPAS.com - K-Pop telah menjadi salah satu industri sekaligus genre musik yang diperhitungkan di masa kini.

Mulai dari Super Junior, Girls' Generation, hingga BTS dan Blackpink sebagai grup yang paling terkenal saat ini, K-Pop tak pernah berhenti menyajikan penampilan berkualitas tinggi dan dinamis.

Kesuksesan K-Pop sebagai industri tentu tidak terjadi secara instan. Untuk dapat mencetak idola berkualitas, ada banyak proses dan syarat yang harus dipenuhi dalam menciptakan standar idola ideal, seperti sistem kontrak, masa trainee, dan sebagainya.

Hal serupa tentang sistem kontrak juga dibahas dalam siniar Kamjagiya Korea! episode "Irene Red Velvet Dikabarkan Gak Perpanjang Kontrak Dengan SM Entertainment" dengan tautan akses s.id/KamKorIrene.

Dirumorkan Irene Red Velvet, anggota girl group terkenal besutan SM Entertainment itu tidak memperpanjang kontrak karena kurangnya aktivitas grup dan perilisan lagu baru. Di sisi lain, dikabarkan Red Velvet sedang mengerjakan album baru.

Lika-liku masa trainee hingga perselisihan kontrak adalah beberapa dari banyak proses menjadi seorang idola. Hal ini menunjukkan perfeksionisme industri dalam memenuhi ekspektasi penikmatnya.

Street Casting, Audisi, sampai Masa Trainee

Street casting dan audisi merupakan salah satu tahapan pertama dalam menjadi idola K-Pop. Melansir Creatrip, street casting berarti pencarian talenta oleh tim casting yang terjun langsung di berbagai titik di jalanan.

Baca juga: Diprediksi Sepi, Konser SMTOWN LIVE 2023 Justru Pecah

Setelah itu, talenta terpilih akan dilanjutkan ke tahapan lebih spesifik, seperti audisi bakat dan seleksi kamera. Lain lagi dengan sistem audisi yang bersifat lebih kompetitif karena diikuti banyak peserta yang berharap dapat menjadi calon idola K-Pop selanjutnya.

Tahap audisi biasanya memiliki beragam bentuk, mulai dari audisi daring, luring sampai tur audisi global. Masing-masing agensi juga memiliki jangka waktu dan persyaratan audisinya sendiri.

Setelahnya, baik peserta audisi dan street casting yang lolos seleksi selanjutnya menjadi trainee.

Melansir SCMP, masa trainee merupakan masa-masa tersulit karena diisi rutinitas ketat mulai dari latihan tari, vokal, evaluasi performa, media training, menjaga citra publik sampai memperhatikan berat badan dan visual.

Durasi trainee yang tak menentu kerap menjadi tantangan terbesar karena tak ada jaminan kapan seorang trainee dapat debut.

Sebagai contoh, Jihyo TWICE menjalani masa trainee selama 10 tahun, G-Dragon BIGBANG 11 tahun, dan Johnny NCT 8 tahun. Semua tenaga, waktu, dan jerih payah dipertaruhkan untuk mencapai mimpi menjadi idola yang layak.

Gemerlap Karier dan Masa Kontrak 7 Tahun

Setelah mengalami kerasnya masa trainee, mereka yang terpilih akan debut, baik secara grup maupun solois. Sampai di titik ini pun para idola belum bisa menghela napas panjang karena harus melakukan promosi lagu debut sampai siaran panggung pertama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com