Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembentukan Bayangan pada Cermin Cekung

Kompas.com - 29/12/2021, 18:34 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.comCermin cekung adalah salah satu jenis cermin sferis yang permukaan pantulnya melengkung ke dalam. Berikut adalah pembentukan bayangan yang terjadi pada cermin cekung!

Cermin cekung memiliki lima buah ruang benda dan bayangan, titik kelengkungan (R), dan juga titik fokus (F). Dilansir dari Lumen Learning , cermin cekung memiliki titik fokus yang positif. Artinya, titik fokus cermin berada di depan permukaan pantulnya.

Sinar istimewa pada cermin cekung

Untuk mengetahui bagaimana bayangan pada cermin di cermin, terlebih dahulu kita harus mengetahui tiga istimewa pada cermin itu.

Sinar istimewa 1

Dilaporkan dari Physics LibreTexts , sinar yang datang sejajar dengan sumbu utama atau sumbu optik akan dipantulkan ke titik fokus cermin cekungan.

Pemantulan sinar sejajar pada cermin cekungKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Pemantulan sinar sejajar pada cermin cekung

Baca juga: Cermin Sferis: Pengertian, Jenis, dan Rumusnya

Sinar istimewa 2

Sinar yang datang melalui titik fokus cermin cekungan akan dipantulkan sejajar dengan sumbu utama atau sumbu optik .

Pemantulan sinar melalui titik fokus oleh cermin cekungKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Pemantulan sinar melalui titik fokus oleh cermin cekung

Sinar istimewa 3

Sinar yang datang melalui titik kelengkungan (R) cermin cekung, akan dipantulkan kembali ke arah R.

Pemantulan sinar yang melalui titik kelengkungan oleh cermin cekungKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Pemantulan sinar yang melalui titik kelengkungan oleh cermin cekung

Pembentukan bayangan pada cermin cekung

Setelah mengetahui ketiga sinar istimewa pada cermin cekung, kita dapat mengetahui pembentukan bayangannya. Misalnya suatu benda diletakan di depan cermin cekungan pada ruang II antara titik kelengkungan (R) dan titik fokus (F).

Kita harus menggambarkan sinar yang masuk ke dalam cermin cekung. Pertama, gambarkan sinar dari benda yang datang sejajar dengan sumbu utama. Berdasarkan sinar istimewa, sinar tersebut akan dipantulkan ke titik fokus (F).

Baca juga: Sifat Umum Cahaya dan Cermin

Langkah pertama pembentukan bayangan pada cermin cekungKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Langkah pertama pembentukan bayangan pada cermin cekung

Kedua, gambarkan sinar dari benda yang masuk ke cermin melalui titik fokusnya. Berdasarkan sinar istimewa, sinar tersebut akan dipantulkan sejajar dengan sumbu utama.

Langkah kedua pembentukan bayangan pada cermin cekungKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Langkah kedua pembentukan bayangan pada cermin cekung

Dilaporkan dari The Physics Classroom , bagian atas bayangan benda berada di titik potong kedua sinar pantul. Pada gambar terlihat bahwa titik potong tersebut berada di ruang tiga dengan bagian atas bayangannya berada di bawah (terbalik).

Sehingga, dapat menjamin bahwa benda di depan cermin tersebut menghasilkan bayangan dengan sifat nyata, terbalik, dan juga diperbesar.

Namun, bayangan pada cerminan cekung tidak selalu nyata, terbalik, dan diperbesar. Sifat bayangan yang terbentuk pada posisi ruang tempo benda diletakkan. Yang pasti, pembentukan bayangan pada cermin cekungan selalu menuruti aturan sinar-sinar istimewanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com