Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Penting Mempertahankan Pancasila sebagai Dasar Negara

Kompas.com - 13/04/2024, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Pancasila sebagai dasar negara, menandakan bahwa Pancasila adalah landasan hidup untuk semua masyarakat Indonesia.

Untuk itu, kita, bangsa Indonesia, harus siap sedia dan berjuang mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara kita.

Contoh sikap mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara

Menurut Irwan Gemi dan Yun Hendri dalam Buku Ajar Pendidikan Pancasila (2018), Pancasila adalah ideologi dasar negara Indonesia.

Kata Pancasila sendiri berasal dari bahasa Sanskerta, panca berarti lima, dan sila artinya prinsip atau asas.

Notonegoro mendefinisikan Pancasila sebagai dasar falsafah negara Indonesia, yang diharapkan mampu menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia.

Baca juga: Landasan Historis Pendidikan Pancasila

Jelaskan arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara

Dilansir dari situs Diskominfo Provinsi Kalimantan Timur, arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara, yakni menjaga bangsa Indonesia dari perpecahan.

Banyak pengaruh, baik itu dari dalam maupun luar, yang bisa berdampak buruk bagi persatuan dan kesatuan Indonesia.

Karena itulah, di tengah kemajemukan dan keberagaman bangsa Indonesia, semua masyarakat wajib berpartisipasi secara aktif, untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara.

Tanpa Pancasila, Indonesia tidak lagi memiliki ideologi, yang dikhawatirkan hal ini dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Baca juga: Landasan Filosofis Pendidikan Pancasila

Dikutip dari situs Kemdikbud, salah satu contoh sikap mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara, yakni bertakwa kepada Tuhan Yang Maha esa.

Selain itu, contoh sikap mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara lainnya adalah menghormati dan menghargai teman yang berbeda suku, agama, serta rasnya.

Bergotong royong, menjunjung tinggi sikap mandiri, kreatif, serta menjaga nilai-nilai Pancasila juga termasuk contoh sikap mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara.

Kesimpulannya, arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara adalah menjaga bangsa Indonesia dari perpecahan.

Baca juga: Landasan Kultural Pendidikan Pancasila

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com