Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Riset Pemasaran bagi Perusahaan

Kompas.com - 29/12/2021, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comPeran riset pemasaran bagi perusahaan terbagi menjadi tiga, yakni deskriptif, diagnostik, serta prediktif.

Riset pemasaran dalam bahasa Inggris disebut research marketing. Sering digunakan oleh perusahaan untuk mengumpulkan berbagai informasi yang berkaitan dengan pasar dan kebutuhan konsumen.

Menurut Miguna Astuti dan Agni Rizkita Amanda dalam buku Pengantar Manajemen Pemasaran (2020), riset pemasaran adalah upaya sistematis yang diawali dengan perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan informasi dan data, serta pengelolaan data yang dibarengi dengan interpretasi hasil penelitian.

Philip Kotler mendefinisikan riset pemasaran sebagai berikut:

“Riset pemasaran merupakan perencanaan, pengumpulan, analisis, dan pelaporan yang sudah tersistematis dari data atau berbagai penemuan yang relevan dengan adanya situasi pemasaran tertentu yang telah dihadapi perusahaan”.

Baca juga: Riset Pemasaran: Pengertian dan Jenisnya

Peran riset pemasaran

Dikutip dari buku Pemasaran Terpadu (2021) karya Hasnidar, dkk, peran riset pemasaran meliputi keputusan mengenai peluang potensial, pemilihan target pasar, segmentasi pasar, perencanaan, serta implementasi program pemasaran untuk kerja pemasaran dan kontrol.

Jika dikelompokkan, secara garis besar, riset pemasaran memiliki tiga peran, yaitu deskriptif, diagnostik, dan prediktif.

Peran deskriptif

Melansir dari buku Ilmu Manajemen Pemasaran: Analisis dan Strategi (2021) karya Andy Wijaya, dkk, peran riset pemasaran ini termasuk mengumpulkan serta menyajikan pernyataan faktual mengenai produk atau jasa yang dipasarkan perusahaan.

Artinya riset pemasaran berperan untuk mengumpulkan berbagai informasi dari lapangan yang berkaitan dengan produk atau jasa milik perusahaan.

Contohnya, bagaimana sikap konsumen terhadap produk dan iklan yang dipasarkan perusahaan, serta apa tren penjualan di industri saat ini?

Peran diagnostik

Peran riset pemasaran ini termasuk penjelasan data terkait produk atau jasa yang dipasarkan perusahaan. Data tersebut didapatkan dari proses pengumpulan informasi dari lapangan, baik pasar maupun konsumen.

Baca juga: Tujuan Dasar Riset Pemasaran bagi Perusahaan

Contohnya, perusahaan menentukan dampak penjualan dari perubahan desain paket atau kemasan produk.

Peran prediktif

Peran riset pemasaran ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan ‘bagaimana jika’. Sesuai namanya, riset pemasaran ini memang berperan untuk memprediksi suatu hal yang berkaitan dengan produk atau jasa milik perusahaan.

Contohnya, bagaimana peneliti riset pemasaran menggunakan penelitian deskriptif serta diagnostik guna memprediksi hasil dari keputusan pemasaran yang direncanakan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com