Kompas.com - 28/12/2021, 18:06 WIB
Dua jenis cermin sferis: cermin cekung dan cermin cembung learning.physics.iastate.eduDua jenis cermin sferis: cermin cekung dan cermin cembung


KOMPAS.com – Cermin adalah suatu benda yang bisa membentuk bayangan dari suatu benda asli di depannya. Dalam ilmu fisika ada yang disebut cermin sferis. Cermin sferis adalah cermin lengkung yang memiliki permukaan tidak datar atau melengkung.

Kita dapat membayangkan cermin sferis atau cermin lengkung sebagai cermin berbentuk bola. Di mana permukaan bola tersebut adalah cermin yang memantulkan bayangan benda (reflective surface). Bola cermin imajiner tersebut memiliki sumbu simetri.

Jenis-jenis cermin sferis

Cermin sferis yang terbagi dua menjadi cermin cekung dan cermin cembungphys.libretexts.org Cermin sferis yang terbagi dua menjadi cermin cekung dan cermin cembung

Sumbu simetri disebut juga sebagai sumbu optik (optical axis) yang melewati dua pusat kelengkungan bola secara diagonal. Sumbu tersebut membagi bola cermin menjadi dua jenis. Jenis cermin inilah yang nantinya akan menentukan rumus cermin sferis.

Bagian permukaan bola yang lengkung ke luar disebut dengan cermin cekung (concave mirror), sedangkan bagian permukaan bola yang lengkung ke dalam disebut dengan cermin cembung (convex mirror).

Baca juga: Sifat Umum Cahaya dan Cermin

Cermin cekung

Pembentukan bayangan pada cermin cekungphys.libretexts.org Pembentukan bayangan pada cermin cekung

Cermin cekung adalah cermin yang melengkung ke dalam membentuk suatu cekungan. Dilansir dari The University of Texas at Austin, semua sinar cahaya yang mengenai cermin sejajar dengan sumbu utamanya dan di bawa ke fokus yang sama pada titik F.

Titik fokus cermin cekung berada di depan cermin. Dilansir dari Lumen Learning, semakin kecil jari-jari kelengkungannya, semakin kecil panjang fokusnya, maka akan semakin kuat suatu cermin cekung.

Rumus sferis cermin cekung

f = r/2

f: fokus cermin
r: jari-jari kelengkungan

1/f = 1/s + 1/s’

f: fokus cermin
s: jarak benda ke cermin
s’: jarak bayangan ke cermin

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.