Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Kopi yang Lebih Enak Menurut Sains

Kompas.com - 07/05/2024, 11:00 WIB
Fadila Rosyada Hariri,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siapa yang tidak menyukai secangkir kopi yang segar di pagi hari? Bagi banyak orang, kopi adalah penyelamat yang sempurna untuk memulai hari dengan semangat.

Namun, tahukah Anda bahwa ada satu trik sederhana yang dapat secara drastis meningkatkan kualitas kopi yang Anda buat di rumah?

Baca juga: Bolehkah Minum Kopi Sebelum Makan?

Dikutip dari Science Focus, dalam penelitian terbaru yang diterbitkan di jurnal Matter, tim peneliti menemukan bahwa tingkat kelembapan internal biji kopi dapat memengaruhi jumlah listrik statis yang dihasilkan saat proses penggilingan.

Ini berarti, dengan menambahkan sedikit air ke dalam biji sebelum digiling, espresso yang dihasilkan bisa lebih pekat dan kaya rasa.

Proses ini disebut "pre-wetting" atau "blooming," di mana air panas dituangkan ke atas biji kopi yang digiling halus untuk membentuk gelembung-gelembung gas CO2 yang dilepaskan oleh biji kopi segar.

“Air tidak hanya mengurangi listrik statis sehingga mengurangi kekacauan saat Anda menggiling, namun juga dapat memberikan dampak besar pada intensitas minuman dan, berpotensi, kemampuan untuk mengakses konsentrasi rasa yang lebih tinggi,” kata penulis senior Dr Christopher Hendon, ahli kimia bahan komputasi di Orgeon University.

Dalam penelitian ini, para peneliti tidak hanya melibatkan pakar kopi, tetapi juga seorang ahli vulkanologi untuk memahami proses terjadinya listrik statis pada penggilingan kopi.

Joshua Mendez Harper, seorang ahli vulkanologi dari Portland State University, menjelaskan bahwa proses ini mirip dengan pembentukan petir selama letusan gunung berapi.

Para peneliti mengukur jumlah listrik statis yang dihasilkan dengan menggiling berbagai pilihan biji kopi, dan menemukan bahwa terdapat hubungan antara elektrifikasi dan kadar air, warna sangrai, dan ukuran partikel.

Mereka juga menemukan bahwa menggiling dengan air menghasilkan espresso yang lebih kuat dan konsisten.

Baca juga: Studi: Minum Kopi Turunkan Risiko Kambuhnya Kanker Usus

Bagaimana cara melakukan blooming?

Proses blooming ini sangat mudah dilakukan di rumah.

Cukup tambahkan sedikit air panas ke atas biji kopi yang telah digiling halus, biarkan beberapa saat untuk memberikan waktu bagi gelembung-gelembung gas CO2 untuk dilepaskan, kemudian lanjutkan dengan menuangkan air secara merata untuk menyeduh kopi seperti biasa.

Dengan menerapkan trik sederhana ini, Anda dapat meningkatkan kualitas kopi yang Anda buat di rumah tanpa perlu investasi mahal dalam peralatan kopi.

Dengan memahami proses blooming dan pentingnya penghilangan gas CO2 yang terperangkap, Anda dapat menikmati secangkir kopi yang lebih nikmat dan memuaskan setiap hari.

Baca juga: Ampas Kopi Bisa Serap Kotoran dari Air Limbah

Artikel ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberi tahu kami ke redaksikcm@kompas.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com