Tupai Jadi Penyebab Penyakit Kusta di Inggris Abad Pertengahan

Kompas.com - 19/05/2024, 06:36 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Sebuah penelitian baru mengungkapkan tupai menjadi penyebab penyakit kusta di Inggris di masa abad pertengahan.

Temuan ini berdasarkan bukti yang dikumpulkan dari dua buah situs arkeologi di kota Winchester, Inggris pada masa abad pertengahan.

Baca juga: Mengenal Penyakit Kusta dari Ciri-ciri hingga Masa Inkubasinya

Di periode abad ke-10 dan ke-11, peneliti menyebut tupai merah pernah menjadi inang Mycobacterium leprae yang merupakan bakteri penyebab kusta pada manusia.

Mengutip Independent, Senin (6/5/2024) ini adalah pertama kalinya para ilmuwan menemukan petunjuk yang menunjukkan penyakit kusta beredar antara manusia dan hewan pengerat di Inggris pada abad pertengahan.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Current Biology, peneliti menganalisis 25 sampel tulang manusia dan 12 sampel tulang tupai yang dikumpulkan di situs Winchester.

Analisis genetik mengungkapkan M. leprae terdapat pada sampel manusia dan tupai, yang menunjukkan bahwa infeksi tersebut beredar antara manusia dan hewan pengerat pada Abad Pertengahan.

Verena Schuenemann, seorang profesor ilmu arkeologi di Universitas Basel di Swiss, mengatakan strain tupai merah abad pertengahan yang ditemukan lebih dekat hubungannya dengan strain manusia abad pertengahan dari Winchester dibandingkan dengan strain yang diisolasi dari tupai merah modern yang terinfeksi.

“Secara keseluruhan, hasil kami menunjukkan adanya sirkulasi independen strain M. leprae antara manusia dan tupai merah selama Periode Abad Pertengahan,” katanya.

Winchester sendiri terkenal dengan rumah sakit kusta dan hubungannya dengan perdagangan bulu, sehingga membuat para peneliti berspekulasi bahwa inilah cara penularan kusta bisa terjadi.