Ilmuwan Temukan Terobosan Penyerap Karbon Dioksida Pengganti Pohon

Kompas.com - 19/05/2024, 08:00 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Para ilmuwan telah membuat terobosan signifikan dengan menemukan material yang mampu menyimpan karbon dioksida lebih cepat dibandingkan pohon.

Hal ini melibatkan penciptaan molekul berongga seperti sangkar dengan kapasitas tinggi untuk gas rumah kaca seperti CO2 dan sulfur heksafluorida.

Baca juga: Penting untuk Bumi, Kotoran Paus Sperma adalah Penyerap Karbon Alami

Material penyerap gas rumah kaca

Para ilmuwan di Universitas Heriot-Watt yang berlokasi di Edinburgh, telah berhasil menciptakan molekul baru yang mampu menyimpan gas rumah kaca.

Gas rumah kaca merupakan salah satu faktor utama penyebab pemanasan global dan perubahan iklim .

Penemuan ini memunculkan gagasan bahwa molekul ini akan mampu secara signifikan membantu perjuangan yang bertujuan mengurangi gas rumah kaca, karena struktur molekulnya yang berongga dan seperti sangkar.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Synthesis tersebut menjelaskan material baru tersebut diperkirakan memiliki kemampuan untuk menghilangkan CO2, serta gas-gas pencemar lainnya dari atmosfer, seperti sulfur hexafluoride dengan kecepatan yang lebih cepat dibandingkan dengan menanam pohon, dikutip dari laman Carbon Capture Technology Expo Europe.

Sulfur hexsafluorida sendiri merupakan gas rumah kaca yang lebih kuat dibandingkan karbon dioksida dan dapat bertahan ribuan tahun di atmosfer.

“Menanam pohon adalah cara yang sangat efektif untuk menyerap karbon, namun sangat lambat. Jadi kita memerlukan intervensi manusia – seperti molekul buatan manusia – untuk menangkap gas rumah kaca dari lingkungan secara efisien dengan lebih cepat," ujan Dr Marc Little, seorang rofesor dari Heriot-Watt University yang juga merupakan anggota penelitian.