Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2024, 18:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kanker mungkin tampak seperti penyakit modern, namun penyakit ini ternyata telah menyerang manusia selama ribuan tahun.

Para ilmuwan telah menemukan banyak sisa-sisa manusia prasejarah yang menunjukkan adanya kanker.

Jadi, apa kasus kanker paling awal yang pernah tercatat? Dan kapan pertama kali manusia menuliskannya dalam teks kedokteran?

Baca juga: Benarkah Telur Dadar Bisa Sebabkan Kanker dan Diabetes?

Bukti awal kasus kanker

Mengutip Live Science, bukti paling awal mengenai kanker pada manusia berasal dari kerabat manusia purba yang hidup sekitar 1,7 juta tahun yang lalu.

Individu ini, kemungkinan besar dari spesies Paranthropus Robustus atau Homo ergaster.

Manusia purba itu hidup dengan tumor ganas di tulang jari kaki kirinya.

Para arkeolog menemukan sisa-sisa kerangka itu di dalam gua Swartkrans, sebuah deposit batu kapur di Afrika Selatan yang sering disebut Tempat Lahir Manusia karena merupakan rumah bagi konsentrasi terbesar sisa-sisa manusia di dunia.

Fosil tulang jari kaki tersebut kemudian dibandingkan dengan gambar kasus osteosarkoma modern.

Hasilnya peneliti menemukan bentuk kanker agresif yang dimulai pada sel-sel pembentuk tulang itu pada fosil.

Saat ini, osteosarkoma adalah salah satu kanker tulang yang paling umum terjadi pada manusia dan dapat terjadi pada semua usia, meskipun paling sering terjadi pada anak-anak, remaja, dan dewasa muda yang masih dalam masa pertumbuhan, menurut American Cancer Society.

Tumor jinak yang bahkan lebih tua ditemukan pada kerabat manusia berusia 1,9 juta tahun yang dikenal sebagai Australopithecus sediba yang ditemukan di Afrika Selatan, menurut studi terpisah pada tahun 2016 yang dipublikasikan di South African Journal of Science.

Baca juga: Studi: Minum Kopi Turunkan Risiko Kambuhnya Kanker Usus

Kasus kanker tertua yang diketahui terjadi pada tulang karena organ, kulit, dan jaringan lunak lainnya lebih rentang mengalami pembusukan dibandingkan tulang.

“Tulang adalah salah satu dari sedikit jaringan yang dapat bertahan dalam catatan fosil,” Bruce Rothschild, ahli paleontologi vertebrata di Carnegie Museum of Natural History di Pittsburgh yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Namun, meskipun kanker terdapat dalam fosil, sering kali kanker tersebut tidak terlihat dengan mata telanjang dan memerlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menemukannya.

Catatan tertulis pertama tentang kanker

Meskipun tulang jari kaki berusia 1,7 juta tahun adalah kasus kanker paling awal yang diketahui pada hominin, catatan tertulis pertama tentang kanker baru muncul jauh di kemudian hari.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com