Ahli Temukan Cara Kontrol Protein yang Bantu Penyebaran Kanker

Kompas.com - 30/01/2024, 17:33 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Protein MYC adalah bagian dari aktivitas sel yang sehat. Namun ketika sel kanker berkembang, protein ini menjadi rusak melampaui fungsinya yang normal serta membantu penyebaran kanker hingga 75 persen.

Kabar baiknya, kini, para ilmuwan telah menemukan cara untuk mengontrol protein MYC yang berperan dalam penyebaran kanker.

Baca juga: Apakah Makan Roti Panggang Gosong Bisa Sebabkan Kanker?

Mengontrol protein MYC

Mengutip Science Alert, Senin (29/1/2024) protein MYC merupakan protein tidak berbentuk dan tidak memiliki struktur yang dapat ditargetkan.

Hal tersebut rupanya menjadi salah satu masalah dalam mengontrol protein MYC karena menyulitkan obat untuk mengindentifikasi secara efektif dan menjaganya agar tetap berfungsi normal.

Akan tetapi, tim dari Universitas California, Riverside (UCR) telah mampu mengembangkan senyawa peptida yang dapat mengikat atau berinteraksi dengan MYC dan membantu mengendalikannya kembali.

"MYC tidak seperti makanan bagi sel kanker namun lebih seperti steroid yang mendorong pertumbuhan kanker dengan cepat. Itu mengapa MYC merupakan penyebab 75 persen dari seluruh kasus kanker pada manusia," kata ahli biokimia Min Xue dari UCR.

Dalam temuan barunya ini, peneliti mempelajari sejumlah kecil struktur yang dimiliki MYC untuk membangun peptida yang dapat menempel pada struktur tersebut. Salah satu peptida yaitu NT-B2R terbukti bisa menonaktifkan MYC.

Dan benar saja, NT-B2R terbukti berhasil berikatan dengan MYC dalam pengujian menggunakan kultur yang terbuat dari sel kanker otak.

Hal tersebut kemudian mengubah cara sel mengatur banyak gennya dan pada akhirnya menurunkan metabolisme dan proliferasi sel kanker.