Astronom Temukan Satelit Baru di Sekitar Uranus dan Neptunus

Kompas.com - 27/02/2024, 09:49 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Astronom berhasil menemukan hal yang menarik dalam pengamatan mereka.

Mereka berhasil menemukan satu satelit baru yang mengorbit Uranus serta dua satelit baru di sekitar Neptunus.

Baca juga: Berapa Banyak Satelit yang Dimiliki Saturnus?

Satelit tersebut berhasil terungkap setelah astronom melakukan pengamatan dengan menggunakan observatorium di Chili dan Hawaii.

Satelit kecil tersebut muncul sebagai titik samar di bagian terluar Tata Surya setelah berjam-jam pengamatan di darat.

Mengutip Gizmodo, Senin (26/2/2024) Scott Sheppard, astronom di Carnegie Institution for Science yang melakukan identifikasi tersebut pertama kali melihat satelit Uranus pada tanggal 4 November 2023.

Sementara dua bulan Neptunus yang sebelumnya tidak diketahui terlihat pada bulan September 2021.

"Tiga satelit yang baru ditemukan ini adalah satelit paling redup yang pernah ada dan ditemukan di sekitar dua planet raksasa es menggunakan teleskop berbasis darat," kata Sheppard dalam sebuah pernyataan.

"Dibutuhkan pemrosesan gambar khusus untuk mengungkap objek samar tersebut," katanya lagi.

Satelit baru

Satelit baru Uranus adalah satelit pertama yang ditemukan di sekitar raksasa es itu setelah lebih dari 20 tahun.

Satelit baru Uranus ini juga kemungkinan merupakan satelit terkecil dari 28 satelit lain yang mengorbit Uranus.