Kompas.com - 25/02/2024, 19:31 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Secara teknis, ular adalah kadal, tetapi karena ular juga sangat khas, para ahli biologi memisahkan ular dan kadal ke dalam kategori yang berbeda.

Meski bersarang di cabang yang sama dalam pohon silsilah keluarga, ular tak memiliki kaki, bertubuh panjang, dan merayap, sehingga mereka menonjol dibandingkan reptilia sekelasnya.

Keunikan ular

Ada sekitar 4.000 spesies ular hidup yang diketahui dan merupakan seperdelapan dari seluruh keanekaragaman vertebrata darat.

Ular berkembang biak di berbagai habitat yang berbeda-beda dan dalam kondisi yang sangat bervariasi; ada yang memanjat pohon, menggali lubang, berenang, dan bahkan terbang.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada 22 Februari di Jurnal Science, tidak ada satu sifat pun yang dapat menjelaskan asal usul semua keragaman tersebut.

Baca juga: Spesies Ular Terbesar di Dunia Ditemukan di Hutan Hujan Amazon

Sebaliknya, semuanya bermuara pada apa yang para peneliti sebut sebagai “singularitas ular”. Secara umum, singularitas adalah perubahan kecil yang tidak dapat diprediksi dan menghasilkan sesuatu yang besar dan tidak terduga.

Dalam fisika, singularitas adalah suatu titik dalam realitas ketika aturan-aturan tidak berlaku, dan perluasan ruang-waktu yang cepat dapat terjadi.

Teori big bang berpendapat bahwa seluruh alam semesta muncul dari singularitas tersebut. Dalam biologi, singularitas mungkin terjadi ketika ledakan spesies berasal dari serangkaian perubahan yang berkelompok begitu erat sehingga tampak seketika dan tidak dapat dipisahkan dalam urutan waktu evolusi.

Banyaknya spesies ular adalah hasil dari peristiwa singularitas biologis, menurut penelitian baru.

Memikirkan evolusi dalam konteks singularitas merupakan pergeseran perspektif dalam bidang yang proses-prosesnya secara umum dipahami berlangsung secara bertahap dan perlahan.