Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Kimchi Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Kata Penelitian

Kompas.com - 12/02/2024, 11:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa makan makanan fermentasi secara teratur dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.

Makanan fermentasi diawetkan menggunakan proses yang tidak hanya meningkatkan umur simpan makanan dan nilai gizinya, tetapi juga memberi dosis probiotik yang sehat bagi tubuh. Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang penting untuk kesehatan pencernaan.

Menurut Dr. David S. Ludwig, profesor nutrisi di Harvard TH Chan School of Public Health, saluran pencernaan penuh dengan sekitar 100 triliun bakteri dan mikroorganisme lainnya.

Saat ini, penelitian telah mengungkapkan pentingnya mikrobioma usus yang beragam dan sehat karena berperan dalam menyempurnakan sistem kekebalan dan menangkal peradangan yang merusak tubuh, yang dapat menyebabkan penyakit, mulai dari obesitas, diabetes, hingga penyakit neurodegeneratif.

Kimchi untuk menurunkan berat badan 

Sebuah penelitian yang diterbitkan baru-baru ini memberikan beberapa bukti awal bahwa mengonsumsi kimchi, makanan fermentasi asal Korea, dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas dalam beberapa kasus. Namun, hasil penelitiannya masih beragam.

Baca juga: MSG hingga Kimchi, Aneka Mitos Makanan Penyebab serta Penyembuh Kanker

Penelitian di Korea Selatan melibatkan 115.726 pria dan wanita berusia 40-69 tahun. Para peserta studi melaporkan berapa banyak kimchi yang mereka makan selama setahun sebelumnya. 

Adapun penelitian ini didanai oleh World Institute of Kimchi, yang fokus dalam meneliti hidangan nasional negara tersebut.

Dalam studi tersebut, mengonsumsi satu hingga tiga porsi kimchi jenis apa pun dalam sehari dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas pada pria.

Pria yang makan lebih dari tiga porsi kimchi kubis (baechu) dalam sehari memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami obesitas dan perut buncit. 

Sementara itu, wanita yang makan dua hingga tiga porsi baechu dalam sehari memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami obesitas dan perut perut.

Baca juga: Mengapa Makanan Fermentasi Sangat Sehat dan Bergizi?

Makan lebih banyak kimchi lobak (kkakdugi) dikaitkan dengan berkurangnya perut buncit pada pria dan wanita. Namun, orang yang makan lima porsi atau lebih jenis kimchi apa pun memiliki berat badan lebih, memiliki ukuran pinggang lebih besar, dan cenderung mengalami obesitas.

Perlu dicatat bahwa penelitian ini memiliki keterbatasan. Para penulis mengakui bahwa kuesioner yang mereka gunakan mungkin menyulitkan untuk mengetahui secara pasti berapa banyak kimchi yang sebenarnya dimakan peserta studi.

Penelitian ini juga mengandalkan orang-orang untuk melaporkan kebiasaan makan di masa lalu. Hal ini mungkin membuat mereka sulit mengingat secara akurat apa yang mereka makan.

Desain penelitian ini juga hanya dapat memberi tahu apakah ada kaitan antara kimchi dengan obesitas, bukan jika satu hal menyebabkan hal lain, seperti jika kimchi menyebabkan penurunan berat badan. 

Jadi, penting untuk melihat studi eksperimental yang dalam analisisnya melakukan perubahan pada pola makan masyarakat kemudian melihat hasilnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com