Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Jus Cranberry Bermanfaat untuk Mengatasi Batu Ginjal?

Kompas.com - 20/01/2024, 18:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Batu ginjal adalah endapan kecil dan keras yang terbentuk di salah satu atau kedua ginjal.

Batu ginjal bervariasi dalam ukuran, bentuk, dan warna. Bergantung pada ukurannya, batu ginjal umumnya membutuhkan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu untuk keluar dari tubuh.

Batu ginjal dapat menyebabkan sakit perut atau punggung (dikenal sebagai kolik ginjal). Kolik ginjal biasanya dimulai secara sporadis, tetapi kemudian menjadi konstan dan dapat menyebabkan mual dan muntah. 

Jus cranberry untuk mengatasi batu ginjal

Mengonsumsi jus cranberry untuk mengobati batu ginjal adalah isu yang masih diperdebatkan dengan hasil penelitian yang beragam. 

Ditambah lagi, banyak penelitian mengenai potensi hubungan antara jus cranberry dan batu ginjal yang sudah lama, jadi diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikannya.

Baca juga: Apa Warna Urine yang Menandakan Gagal Ginjal?

Jus cranberry mengandung oksalat tinggi, yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal kalsium oksalat. Hal ini karena oksalat akan mengikat kalsium bila mengonsumsinya dalam jumlah banyak, terutama jika seseorang sudah rentan terkena batu ginjal.

Selain itu, sebuah penelitian terdahulu menemukan, jus cranberry dapat menurunkan ekskresi asam sitrat urin, yang dapat berkontribusi pada perkembangan batu ginjal. Namun, penelitian lain yang lebih tua menemukan bahwa jus cranberry tidak mempengaruhi kadar asam sitrat.

Lebih lanjut, beberapa penelitian menunjukkan bahwa jus cranberry menurunkan pH urine sehingga menjadikannya lebih asam. Peningkatan keasaman dapat meningkatkan risiko terjadinya kalsium oksalat dan batu asam urat.

Sebuah tinjauan baru-baru ini juga menemukan bahwa jus cranberry meningkatkan risiko supersaturasi relatif (RSR) kalsium oksalat dan batu asam urat. RSR mengukur risiko seseorang terkena batu ginjal, dengan skor yang lebih tinggi meningkatkan risiko.

Menariknya, jus cranberry menurunkan skor RSR untuk batu brushite dan struvite, karena batu ini kecil kemungkinannya untuk berkembang di lingkungan asam.

Baca juga: 8 Kebiasaan Tidak Sehat yang Bisa Merusak Ginjal

Meskipun demikian, penelitian lain yang lebih tua menemukan bahwa jus cranberry menurunkan RSR untuk batu kalsium oksalat dan meningkatkan pH urine. Temuan ini bertentangan dengan penelitian lain.

Saat ini, sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa efek jus cranberry mungkin bergantung pada jenis batu yang dialami. 

Jika seseorang rentan terhadap kalsium oksalat dan batu asam urat, sebaiknya batasi atau hindari jus cranberry.

Lebih lanjut, belum ada data yang membandingkan efek jus cranberry 100% atau minuman olahan cranberry dengan pembentukan batu ginjal. 

Mungkin yang terbaik adalah memilih jus 100% karena tidak mengandung tambahan gula atau bahan lain yang tidak diinginkan.

Baca juga: Apa Saja Tanda Awal Gagal Ginjal?

Meskipun konsumsi jus cranberry mungkin berperan dalam pembentukan batu ginjal, ada banyak jenis batu ginjal dengan berbagai penyebab. 

Oleh sebab itu, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan perawatan dan rekomendasi yang lebih tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com