Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helikopter Ingenuity NASA Rayakan Penerbangan Ke-70 di Mars

Kompas.com - 16/01/2024, 09:35 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Sumber bgr

KOMPAS.com - Masih ingat dengan Ingenuity? Helikopter tanpa awak yang diluncurkan untuk mempelajari Mars ini masih beroperasi hingga kini.

Kabar terbarunya adalah wahana tersebut bahkan sudah berhasil memecahkan rekor baru sejak diluncurkan pertama kali tahun 2020.

Baca juga: Helikopter NASA Ingenuity Bidik Puing-puing Kerusakan yang Membawanya ke Mars

Rayakan penerbangan

Dikutip dari BGR, Senin (15/1/2024), semenjak kedatangannya di Planet Merah bersama wahana Perseverance, helikopter Ingenuity telah melakukan beberapa hal yang luar biasa.

Tidak hanya berhasil membuktikan penerbangan bisa dilakukan di planet lain, tetapi helikopter yang awalnya hanya dirancang untuk menyelesaikan lima penerbangan malah berhasil melampauinya.

Ingenuity mencetak rekor baru dengan menyelasaikan penerbangannya yang ke-70.

Pada penerbangannya yang ke-70, helikopter Mars ini menempuh jarak lebih dari 260 meter dalam waktu 132 detik.

Menjelajah Mars

Selama berada di Mars, Ingenuity bertindak sebagai pendukung wahana penjelajah Perseverance.

Penerbangannya membantu ilmuwan dan insinyur untuk mempelajari lebih lanjut mengenai planet yang memiliki atmosfer tipis ini.

Atmosfer yang lebih tipis tersebut sebenarnya membuat penerbangan helikopter menjadi jauh lebih sulit dibandingkan di Bumi.

Akan tetapi, justru itulah, para ahli bisa mempelajari cara menavigasi yang terbukti sangat berguna untuk pengembangan wahana luar angkasa di masa depan.

Baca juga: Zat Pemercepat Produksi Oksigen dari Air di Mars Telah Ditemukan

Terutama jika kita memiliki harapan untuk menjelajah Mars atau Bulan beberapa tahun mendatang.

Mampu melakukan perjalanan dengan mudah melalui penerbangan tentu akan membuat eksplorasi melintasi planet-planet menjadi lebih mudah.

Selama berada di Mars, Ingenuity tentu menghadapi berbagai rintangan karena terus bekerja meski desainnya hanya memungkinkan untuk lima penerbangan.

Tidak jelas secara pasti berapa lama helikopter Mars ini akan terus terbang, tetapi selama Ingenuity bisa menyelesaikan penerbangannya, kita akan dapat mempelajari lebih lanjut tentang atmosfer Mars dan bagaimana wahana luar angkasa bisa terbang melaluinya.

Baca juga: NASA Perpanjang Misi Helikopter Ingenuity di Mars, Apa Tugasnya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com