Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helikopter NASA Ingenuity Bidik Puing-puing Kerusakan yang Membawanya ke Mars

Kompas.com - 30/04/2022, 10:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Helikopter NASA Ingenuity membidik foto puing-puing parasut bekas dan cangkang belakang perangkat yang membawanya ke Planet Mars, dalam keadaan rusak.

Gambar yang belum pernah terjadi sebelumnya, terlihat seperti adegan dari film fiksi ilmiah apokaliptik, berasal dari penerbangan ke-19 helikopter kecil pada 26 April lalu.

Foto tersebut menunjukkan peralatan yang melindungi helikopter Ingenuity NASA dan rover Perseverance saat turun ke permukaan Mars pada 18 Februari 2021.

Ilmuwan NASA berharap gambar tersebut membantu memahami bagaimana pesawat mendarat dan menginspirasi perbaikan prosesnya di masa depan.

Harapannya, misi masa depan ke Mars bisa mengembalikan sampel yang dikumpulkan oleh penjelajah Perseverance ke Bumi.

"Pendaratan Mars yang terdokumentasi baik dalam sejarah, dengan kamera menunjukkan segalanya mulai dari inflasi parasut hingga pendaratan," ujar mantan insinyur sistem Perseverance di Jet Propulsion Laboratory NASA Ian Clark seperti dikutip dari Live Science, Jumat (29/4/2022).

Baca juga: NASA Perpanjang Misi Helikopter Ingenuity di Mars, Apa Tugasnya?

Namun, gambar atau foto puing-puing kerusakan yang diabadikan helikopter Ingenuity milik NASA tersebut menawarkan sudut pandang yang berbeda.

Jika memperkuat bahwa sistem bekerja seperti yang dipikirkan atau memberikan kumpulan data informasi teknik yang dapat digunakan untuk perencanaan pengembalian sampel Mars, ini akan menjadi hal yang luar biasa.

"Dan jika tidak, gambarnya masih fenomenal dan inspiratif," jelas Clark.

Adapun gambar puing-puing di permukaan Mars itu diambil dari ketinggian sekitar 8 meter di atas tanah. Kecerdasan lepas landas pada 11:37 waktu Mars setempat, dan terbang selama 159 detik.

Selama waktu tersebut, helikopter melakukan perjalanan 1.181 kaki (360 meter) dan mengambil 10 foto.

"Untuk mendapatkan bidikan yang dibutuhkan (tentang permukaan Planet Mars), (helikopter NASA) Ingenuity melakukan banyak manuver," papar kepala pilot Ingenuity di JPL Håvard Grip.

Baca juga: Helikopter Ingenuity NASA Terbang di Atas Medan Ekstrem Planet Mars

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com