Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga Seperti Apa Yang Cocok untuk Anak-Anak?

Kompas.com - 28/12/2023, 06:36 WIB
Usi Sulastri,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.comOlahraga merupakan aspek krusial dalam tumbuh kembang anak.

Pengaruh besar dari gadget dan teknologi digital pada anak-anak di era modern ini memerlukan keseimbangan melalui aktivitas fisik.

Baca juga: Manfaat Mengenalkan Olahraga Pada Anak Sejak Dini, Apa Saja?

Penting bagi orang tua untuk memasukkan jadwal olahraga dalam kehidupan sehari-hari anak, guna meningkatkan aktivitas fisik mereka dan meningkatkan kesehatan.

Rekomendasi olahraga untuk anak

Seminar dari Ikatan Dokter Anak Indonesia pada Jumat (22/12/2023), diungkapkan rekomendasi dari World Health Organization (WHO) terkait aktivitas fisik bagi anak-anak. 

Rekomendasi tersebut adalah sebagai berikut:

Prof. Dr. dr Rini Sekartini, SpA(K), selaku pembicara, menekankan pentingnya anak-anak melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang hingga tinggi selama minimal 60 menit setiap hari.

"Total 60 menit ini tidak harus didapatkan dalam satu waktu yang sama, tetapi dapat dijumlahkan dalam sehari menjadi 60 menit," kata Rini.

Kegiatan ini sebaiknya dilakukan secara konsisten sepanjang minggu dan sebagian besar harus melibatkan aktivitas aerobik.

Selain itu, Dr. dr. Listya Tresnanti Mirtha, SpKO, juga menyarankan agar dalam memilih aktivitas fisik untuk anak harus mempertimbangkan variasi dan faktor kesenangan yang cocok dengan karakter anak-anak.

"Dalam memilih aktivitas fisik untuk anak, penting untuk mempertimbangkan variasi dan keasyikan yang sesuai dengan sifat alami anak-anak," kata Listya.

Baca juga: Berapa Banyak Olahraga yang Diperlukan Setelah Duduk Seharian?

Anak-anak juga disarankan untuk melakukan aktivitas dengan intensitas tinggi setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Tujuan utama dari rekomendasi ini adalah untuk meningkatkan kekuatan otot dan membantu pertumbuhan massa tulang anak-anak.

Penting juga bahwa aktivitas yang dipilih dapat mengembangkan kemampuan motorik mereka, baik dalam bentuk kegiatan kelompok maupun individu. 

Lantas, olahraga jenis apa yang sesuai untuk diberikan kepada anak-anak?

Jenis olahraga sesuai usia

Memilih mana yang sesuai bagi seorang anak dan remaja lebih dulu kita harus memahami tahapan perkembangan keterampilan motorik anak, daya penglihatan, esensi pembelajaran yang ingin didapatkan, dan penekanan keteramilannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com