Penelitian Ungkap Manfaat Bulu Ayam untuk Ciptakan Bahan Bakar Hidrogen Ramah Lingkungan

Kompas.com - 26/10/2023, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Bulu ayam, seperti rambut dan kuku manusia, sebagian besar terdiri dari protein keras yang disebut keratin.

Sebagaimana rambut dan kuku manusia, unggas menghasilkan banyak bulu sepanjang hidupnya.

Saat ini, ilmuwan telah menemukan kegunaan baru dari bulu-bulu ayam, yakni mengubahnya menjadi komponen penting dalam sel bahan bakar hidrogen yang ramah lingkungan.

Bulu ayam untuk bahan bakar hidrogen ramah lingkungan

Dijelaskan dalam makalah baru yang diterbitkan melalui ACS Applied Materials & Sciences, para ilmuwan dari ETH Zurich dan Nanyang Technological University Singapore (NTU) telah mengembangkan metode untuk mengekstrak keratin bulu ayam dan memutarnya menjadi serat tipis yang disebut fibril amiloid.

Fibril ini dapat dipasang sebagai membran semipermeabel penting dalam sel bahan bakar hidrogen.

Baca juga: Fosil Duri Bulu Babi Ungkap Kondisi Laut Dalam 100 Juta Tahun Lalu

Secara tradisional terdiri dari bahan kimia yang sangat beracun, membran ini memungkinkan proton melewatinya tanpa mengeluarkan elektron.

Elektron yang diblokir kemudian dipaksa melakukan perjalanan melalui sirkuit eksternal dari anoda negatif ke katoda positif sehingga menghasilkan listrik.

Raffaele Mezzenga, profesor di ETH Zurich, menjelaskan bahwa perkembangan terbaru yang ia dan rekan-rekannya lakukan adalah menutup sebuah siklus, yakni zat yang melepaskan CO2 dan gas beracun ketika dibakar, dan menggunakannya dalam lingkungan yang berbeda.

Mezzenga menambahkan, dengan temuan baru, teknologi ini tidak hanya menggantikan zat beracun, namun juga mencegah pelepasan CO2 sehingga mengurangi siklus jejak karbon secara keseluruhan.

Menurut para peneliti, membran yang berasal dari keratin sudah lebih murah untuk diproduksi di laboratorium dibandingkan membran sel bahan bakar hidrogen sintetis yang sudah ada. Ini memunculkan harapan bahwa penghematan serupa akan menghasilkan produksi massal.