Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2023, 12:30 WIB
Usi Sulastri,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Magnet ternyata telah dikenal oleh orang-orang zaman dahulu. Konsep magnetisme ini telah ada sejak zaman kuno.

Orang-orang zaman kuno telah menggunakan magnet. Magnetisme telah berkembang selama berabad-abad, mulai dari penggunaan awal batu magnet hingga perkembangan teori-teori yang lebih modern.

Di zaman kuno, orang-orang ini telah menemukan dan mengembangkan pemahaman tentang magnetisme yang akhirnya membentuk dasar bagi teknologi dan aplikasi modern.

Dalam dunia yang sangat tergantung pada teknologi, kita sering mengabaikan bagaimana pengetahuan tentang magnetisme dimulai.

Baca juga: Bagaimana Magnet Bisa Punya Dua Kutub?

Magnet pertama yang digunakan

Dilansir dari IFL Science, Jumat (20/10/2023), magnet pertama kali diproduksi pada tahun 1600 oleh dokter William Gilbert berkat "lodestone", potongan magnetit yang termagnetisasi secara alami.

Magnetite, yang merupakan salah satu jenis bijih yang umum, dapat ditarik oleh magnet. Dalam situasi tertentu, itu dapat menjadi magnet alami yang disebut lodestone, yang langka ditemukan.

Sebuah eksperimen yang dilakukan di puncak gunung Baldy Selatan dekat Socorro, New Mexico, menggunakan penangkal petir untuk menarik petir ke sampel magnet menunjukkan, ini dapat membuat batu menjadi bermuatan magnetis.

Ini mungkin adalah penjelasan mengenai bagaimana lodestone menjadi magnet alami di alam dan mengapa lodestone ditemukan di permukaan tanah, bukan di kedalaman yang lebih dalam.

Filsuf dan naturalis Romawi, Pliny the Elder, pernah menyebutkan tentang lodestone dalam legenda "Magnes the shepherd", cerita ini mengatakan, Magnes menemukan batu ini ketika paku sepatunya dan tongkatnya menempel pada batu ketika dia menggembalakan ternak.

Sejarah awal magnet

Dilansir dari Smithsonian Magazine, sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di Archaeological Science mengungkapkan, peradaban kuno di Guatemala pada kisaran tahun 500 SM hingga 100 SM, memiliki cara-cara tertentu untuk mengukur kekuatan batu magnet.

Baca juga: Medan Magnet Bumi telah Berubah Sejak Ribuan Tahun Lalu, Studi Jelaskan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com