Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2023, 08:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Bumi adalah planet yang sangat unik di Tata Surya. Selain merupakan planet yang memiliki atmosfer oksigen yang bisa memberikan kehidupan, kedua kutubnya mengandung magnet.

Planet Bumi adalah satu-satunya benda berbatu di Tata Surya yang memiliki kutub magnet yang sangat kuat. Ini juga yang menjadikan planet yang kita huni ini istimewa.

Asal kutub magnet planet Bumi

Sebelum memahami asal-usul kutub magnet Bumi, perlu diketahui bahwa planet ini memiliki inti yang terbagi menjadi dua lapisan.

Inti Bumi bagian dalam yang padat dan inti Bumi luar berupa logam cair. Kedua lapisan ini terbentuk dari campuran besi dan nikel magnetik, dengan sedikit unsur yang lebih ringan, seperti oksigen, silikon dan belerang.

Baca juga: Mengapa Planet Bumi Berputar?

Dilansir dari Live Science, Selasa (12/9/2023), inti planet Bumi bagian dalam sangat padat dan panas. Akan tetapi, inti luarnya berbentuk cair, dan berputar mengelilingi massa padat dengan arus konveksinya sendiri.

Menurut John Tarduno, ahli geofisika dari University of Rochester, New York, arus konstan inilah yang menghasilkan medan magnet Bumi.

Pada saat panas yang dihasilkan inti dalam planet Bumi secara terus menerus mengalir ke inti luar, maka panas tersebut akan bertemu dengan material yang didinginkan oleh aktivitas lempeng tektonik.

Siklus ini kemudian mendorong terjadinya konveksi, sehingga memunculkan sesuatu yang disebut geodinamika yang mana ini menghasilkan medan magnet.

Lantas, apakah medan magnet juga dimiliki planet lain?

Planet Mars dan Venus tidak memiliki medan magnet, dikarenakan tidak memiliki lempeng tektonik seperti yang dimiliki Bumi.

Baca juga: Penemuan Planet Bumi Super Mengorbit Bintang Kerdil

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com