Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Makan Buah Bit Membuat Kencing Berwarna Merah?

Kompas.com - 23/10/2023, 09:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah makan buah bit, Anda mungkin terkejut saat pergi ke kamar kecil karena urin Anda terlihat berwarna merah muda atau terkadang merah tua seperti buah beri.

Pengalaman makan buah bit yang mungkin tidak biasa bagi beberapa orang ini, pada akhirnya membuat bertanya-tanya.

Mengapa setelah memakan bit membuat kencing berwarna merah.

Baca juga: Makan Buah Nanas Mulut Terasa Gatal, Apa Penyebabnya?

Efek makan buah bit

Dikutip dari Live Science, Kamis (19/10/2023) jawabannya terletak pada betanin, pigmen ungu kemerahan yang memberi warna cerah pada buah bit merah dan ungu.

Menurut Whitney Linsenmeyer, asisten profesor nutrisi dan dietetika di Saint Louis University di Missouri, betanin tidak hanya merupakan pigmen tetapi juga merupakan antioksidan kuat.

Artinya, betanin dapat menetralkan molekul reaktif yang disebut radikal bebas di dalam tubuh.

Dengan menstabilkan radikal bebas, betanin seperti dalam buah bit, dapat membantu mencegah kerusakan DNA dan sel lain, serta dianggap memiliki sifat anti-inflamasi.

Namun betanin memiliki bioavailabilitas yang rendah sehingga hanya sedikit betanin yang dimetabolisme masuk ke aliran darah. Hal tersebut membuat tubuh tidak dapat memanfaatkan senyawa tersebut secara maksimal.

"Pigmen (dalam buah bit) ini sangat tahan terhadap proses pencernaan dan hanya sebagian kecil dari betanin yang kita konsumsi dapat diserap oleh sel-sel di usus," terang Linsenmeyer.

Baca juga: Apakah Makan Buah Membantu Tubuh Tetap Terhidrasi?

 

Menurut ulasan tahun 2021 yang dipublikasikan dalam jurnal Molecules, penelitian di laboratorium dan pada hewan menunjukkan bahwa sekitar setengah dari betanin yang dicerna akan dipecah, terutama di usus.

Betanin yang tidak dipecah oleh tubuh sebagian besar melewati saluran pencernaan dalam keadaan utuh.

Artinya, betanin kemungkinan besar akan keluar bersama dengan kotoran tubuh, sehingga warna feses maupun urin menjadi merah atau merah muda.

"Ini adalah reaksi normal yang terjadi pda sekitar 1 dari 10 orang. Kondisi ini juga mungkin akan bertahan selama beberapa jam setelah makan," kata Linsenmeyer.

Baca juga: Apakah Ada Efek Samping Makan Buah Nanas?

Fenomena di mana buah bit mengubah urin menjadi merah atau merah muda ini disebut dengan beeturia.

Namun, jika Anda melihat urin berubah warna beberapa hari kemudian, hal ini kemungkinan besar bukan disebabkan karena makan bit.

Segera hubungi dokter untuk mengetahui penyebabnya. Urin dengan warna merah atau merah muda yang persisten dapat mengidentifikasikan adanya darah.

Urin berdarah adalah tanda umum kelainan struktural atau penyakit saluran kemih.

Baca juga: Makan Buah Alpukat Lebih dari Satu, Studi Temukan Manfaatnya untuk Kesehatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com