Makan Buah Alpukat Lebih dari Satu, Studi Temukan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kompas.com - 30/11/2021, 18:31 WIB
Ilustrasi buah alpukat. Studi temukan manfaat buah alpukat pada kesehatan. Makan lebih dari satu buah alpukat per hari dapat memberi manfaat pada kesehatan. ShutterstockIlustrasi buah alpukat. Studi temukan manfaat buah alpukat pada kesehatan. Makan lebih dari satu buah alpukat per hari dapat memberi manfaat pada kesehatan.


KOMPAS.com - Studi baru mengungkapkan manfaat makan buah alpukat untuk kesehatan. Bahkan, manfaat buah alpukat tersebut bisa diperoleh hanya dengan mengonsumsi satu atau dua buah alpukat.

Para peneliti di University of California San Diego School of Medicine dan Herbert Wertheim School of Public Health and Human Longevity Science telah melakukan uji coba terkontrol secara acak terhadap konsumsi buah alpukat.

Uji coba dilakukan selama 6 bulan dengan membandingkan potensi efek kesehatan antara keluarga yang mengonsumsi tiga buah alpukat per minggu dengan keluarga yang makan 14 buah alpukat per minggu. Selain itu, keluarga sebagai objek dari studi ini adalah keturunan Meksiko.

Dikutip dari Medical Xpress, Selasa (30/11/2021), para peneliti menemukan bahwa keluarga dengan jumlah konsumsi buah alpukat yang tinggi melaporkan konsumsi kalori yang lebih rendah.

Selain itu, keluarga tersebut mengurangi asupan makanan lain, termasuk susu, daging dan biji-bijian olahan, serta nutrisi negatif lainnya, seperti lemak jenuh dan natrium.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Alpukat yang Telah Terbukti Secara Ilmiah

 

Dalam studi mengenai manfaat buah alpukat yang telah dilaporkan dalam jurnal Nutrients online edisi 11 November 2021, menawarkan wawasan tentang bagaimana mengatasi masalah kesehatan masyarakat yang sedang berkembang.

Di antaranya adalah masalah obesitas dan penyakit terkait, terutama di antara komunitas berisiko tinggi.

"Data mengenai efek asupan buah alpukat pada status gizi keluarga belum ada," kata penulis senior Matthew Allison, MD, profesor dan kepala Divisi Kedokteran Pencegahan di Departemen Kedokteran Keluarga di UC San Diego School of Medicine.

Manfaat makan buah alpukat

Peneliti mengatakan bahwa uji coba tersebut berfokus pada individu, terutama pada orang dewasa, dan terbatas pada perubahan penanda darah dari penyakit kardiometabolik.

"Hasil uji coba kami memberikan bukti bahwa pendidikan nutrisi dan pembagian jatah konsumsi buah alpukat yang tinggi mengurangi total energi kalori dalam keluarga Meksiko," jelas Allison.

Baca juga: Ilmuwan AS Beri Jutaan Rupiah untuk Orang yang Mau Makan Alpukat

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.