Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Area 51, Benarkah Tempat Mendarat UFO dan Alien?

Kompas.com - 14/10/2023, 18:34 WIB
The Conversation,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Apa yang kira-kira terjadi di Area 51? - Griffin, 10 tahun, South Lyon, Michigan, Amerika Serikat

Oleh: Christopher Nichols

SALAH satu alasan mengapa orang tidak pernah bisa sepenuhnya yakin tentang apa yang terjadi di Area 51 adalah karena tempat ini merupakan fasilitas militer rahasia yang sangat rahasia. Baru pada tahun 2013, pemerintah Amerika Serikat mengakui keberadaan dan nama “Area 51”.

Baca juga: Sejak Kapan Manusia Percaya Ada Alien?

Informasi ini muncul sebagai bagian dari serangkaian dokumen yang lebih luas yang dirilis melalui permintaan Freedom of Information Act, yang merupakan sesuatu yang dapat dilakukan oleh warga negara dan kelompok biasa untuk meminta pemerintah Amerika Serikat untuk memberikan rincian tentang kegiatan pemerintah.

Dalam hal ini, permintaan tersebut mempublikasikan informasi CIA yang sebelumnya dirahasiakan mengenai sejarah pengembangan dan pengujian pesawat mata-mata U-2.

Informasi tersebut juga mengungkapkan di mana pesawat itu diuji coba: Area 51!

Sebagai seorang sejarawan keamanan nasional, saya tahu ada sejarah panjang tentang rahasia di Area 51. Saya juga tahu bahwa tidak satu pun dari rahasia itu yang ada hubungannya dengan alien luar angkasa.

Apa itu Area 51?

Pangkalan yang biasa disebut sebagai Area 51 ini terletak di daerah terpencil di Nevada selatan, sekitar 100 mil (161 kilometer) dari Las Vegas, Amerika Serikat.

Pangkalan ini berada di tengah-tengah area yang dilindungi secara federal di Nevada Test and Training Range milik Angkatan Udara Amerika Serikat, yang kini dikenal sebagai Situs Keamanan Nasional Nevada, yang berada di dalam Nellis Air Force Range yang lebih besar.

Area 51 adalah nama di peta untuk area di dalam Situs Keamanan Nasional Nevada di mana pemerintah melakukan operasi rahasia. Lapangan terbang di Area 51 disebut Homey Airport, dan keseluruhan fasilitasnya sering disebut sebagai Groom Lake.

Groom Lake adalah dataran garam, atau danau yang mengering, yang berdekatan dengan bandara.

Baca juga: Mengapa Alien Tidak Pernah Terdeteksi?

Sejarah Area 51

Pada tahun-tahun awal Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet, kedua negara mencari perkembangan teknologi baru yang dapat memberikan satu negara kekuatan yang lebih besar daripada negara lainnya.

Sejumlah besar informasi tentang pencapaian ilmiah, seperti tentang roket atau senjata - tetapi juga tentang cara-cara untuk menanam lebih banyak makanan atau membuat bahan bakar lebih efisien - dirahasiakan sebagai masalah keamanan nasional.

Bagian penting dari tidak terjadinya perang dunia lagi adalah, dan masih, mengembangkan teknologi untuk melihat apa yang dilakukan pihak lain - yaitu, teknologi pengawasan yang dapat memata-matai musuh.

Informasi yang dikumpulkan oleh teknologi pengawasan yang baru dan lebih baik tentang inovasi baru dengan pesawat dan senjata sangat penting bagi pemerintah.

Ini berarti bahwa informasi pengawasan dan teknologi untuk mendapatkannya merupakan rahasia keamanan nasional yang sangat dijaga. Hanya sedikit orang di pemerintahan Amerika Serikat dan Uni Soviet yang tahu tentang rahasia ini dari 1940-an hingga akhir Perang Dingin pada 1991.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com