Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Beberapa Orang Tak Sengaja Pipis Saat Batuk?

Kompas.com - 27/09/2023, 19:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Livestrong


KOMPAS.com - Saat batuk atau bersin, beberapa orang mungkin tidak sengaja mengeluarkan sedikit urine alias pipis di waktu yang bersamaan.

Pipis saat batuk menjadi kondisi yang bagi beberapa orang menjadi hal yang memalukan ternyata cukup umum ditemui.

Menurut American Urological Association (AUA) sekitar 1 dari 3 orang perempuan mengalami masalah yang secara medis dikenal sebagai Stress Urinary Incontinence atau SUI.

SUI kurang umum terjadi pada laki-laki namun beberapa mengalaminya setelah cedera atau operasi tertentu.

Dikutip dari Live Strong, Selasa (26/9/2023) bukan hanya saat batuk saja yang dapat memicu seseorang pipis.

Baca juga: Mengapa Orang Dewasa Bangun Lebih Awal Seiring Bertambahnya Usia?

Bersin, tertawa, serta aktivitas fisik tertentu seperti melompat, berlari, dan mengangkat beban juga dapat menyebabkan seseorang pipis atau mengeluarkan beberapa tetes urine hingga memerlukan pakaian ganti.

Bagi sebagian orang, SUI merupakan sumber rasa malu yang mempengaruhi kualitas hidup mereka. Bagi yang lain, ini adalah ketidaknyamanan kecil.

Penyebab pipis saat batuk

Tracy Sher, PT, DPT, ahli terapi fisik dasar panggul mengatakan kencing saat batuk, bersin, tertawa atau berolahraga disebabkan oleh perubahan tekanan intra-abdomen dan diafragma.

"Ada tekanan yang menekan. Otot-otot dasar panggul serta struktur di sana secara umum tidak mampu menandingi tekanan itu," katanya

Hal ini karena ketika seseorang mengalami SUI, otot dasar panggul mungkin melemah, memanjang atau kurang koordinasi.

Baca juga: Mengapa Beberapa Orang Berkeringat Lebih Banyak dari yang Lain?

 

"Ada beberapa orang yang memiliki kekuatan otot dasar panggul yang sangat baik, namun pada saat mereka membutuhkan kekuatan itu, seperti ketika mereka batuk atau perlu mengangkat sesuatu, mereka tidak mampu menggerakkan otot-otot tersebut,” kata Jocelyn J. Fitzgerald, MD, ahli uroginekologi bersertifikat dalam pengobatan panggul wanita dan bedah rekonstruktif.

Dalam beberapa kasus, otot dasar panggul yang terlalu tegang mungkin menjadi penyebabnya. Kondisi ini sering terjadi pada atlet, terutama pesenam dan atlet angkat beban.

Selain itu orang dengan SUI terkait dengan kehamilan atau persalinan, serta perubahan hormonal saat menopause. Akan tetapi, penyebab utama dari SUI sendiri masih belum jelas.

"Hal ini (SUI) bisa terjadi karena alasan yang mungkin belum sepenuhnya kita pahami," kata Fitzgerald.

Baca juga: Mengapa Ada Orang yang Punya Bau Badan?

Jadi apakah kencing saat bersin merupakan hal yang normal?

Soal ini bisa saja tergantung dengan persepsi masing-masing orang. Ada yang menganggapnya biasa dan mengatasinya dengan memakai pembalut atau mengganti pakaian.

Namun ada pula orang dengan SUI mungkin akan merasa terganggu dengan kondisi tersebut, meski ini bukan merupakan kondisi yang mengancam jiwa.

Terlepas dari itu, ada kabar baik bahwa kondisi ini masih bisa diperbaiki sehingga seseorang memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

"Tidak ada kata terlambat. Bahkan jika Anda sudah mengalami gejala ini sejak lama, masih ada bantuan untuk mengatasinya," tambah Sher.

Baca juga: Mengapa Beberapa Orang Takut Badut?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com