Komet Nishimura Tidak Akan Kembali ke Tata Surya Selama 4 Abad

Kompas.com - 14/09/2023, 19:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah komet yang sangat terang yang baru ditemukan bulan Agustus 2023 telah mencapai titik terdekatnya dengan Bumi saat ia melesat cepat menuju Matahari.

Benda sedingin es tersebut, yang dikenal dengan nama "Komet Nishimura", akan segera mengelilingi matahari dan kembali ke luar tata surya, dan akan tetap berada di sana selama empat abad ke depan.

Asal-usul Komet Nishimura

Dilansir dari Live Science, komet yang mengeluarkan cahaya hijau itu ditemukan pada 12 Agustus 2023 oleh astronom amatir Jepang, Hideo Nishimura.

Objek tersebut, yang juga diberi nama C/2023 P1, kemungkinan besar berasal dari Awan Oort (reservoir komet dan objek es lainnya di luar orbit Neptunus) dan memiliki orbit elips yang curam, yang berarti ia menghabiskan sebagian besar orbitnya di bagian luar matahari.

Baca juga: Komet yang Meletus di Langit

Orbit Komet Nishimura yang tidak biasa awalnya mengisyaratkan kemungkinan komet ini adalah komet antarbintang yang berasal dari luar tata surya, seperti 'Oumuamua dan Komet 2I/Borisov.

Jika demikian, penampakan ini kemungkinan besar merupakan perjalanan Komet Nishimura yang pertama dan satu-satunya ke dalam tata surya.

Beberapa ahli juga yakin komet tersebut mungkin terkait dengan hujan meteor Sigma-Hydrid, hujan meteor kecil yang mencapai puncaknya pada awal Desember setiap tahun.

Mengelilingi matahari

Menurut NASA, pengamatan lebih lanjut menunjukkan orbit Komet Nishimura mengelilingi matahari kemungkinan selama sekitar 430 tahun.

Komet Nishimura mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi pada 12 September, ketika melintas dalam jarak 125 juta km dari Bumi.