Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2023, 18:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Planet Jupiter adalah planet kelima dari matahari, dan merupakan planet paling besar di tata surya. Sebagai gambaran, ukuran Jupiter dua kali lebih besar dari gabungan semua planet lainnya.

Jupiter memiliki sejumlah karakteristik dan keunikan. Salah satunya, Jupiter mengalami rotasi yang sangat cepat, meski ukurannya sangat besar.

Satu hari di Jupiter

Dilansir dari Universe Today, Jupiter adalah planet yang berputar paling cepat di tata surya. Jupiter berputar rata-rata sekali hanya dalam waktu kurang dari 10 jam.

Durasi tersebut sangat cepat, terutama mengingat betapa besarnya Jupiter. Dengan demikian, Jupiter pun memiliki hari terpendek di antara semua planet di tata surya.

Baca juga: Mengapa Pesawat Luar Angkasa Tidak Bisa Mendarat di Jupiter?

Karena Jupiter adalah planet gas, ia tidak berotasi sebagai bola padat. Ekuator Jupiter berotasi sedikit lebih cepat dibandingkan wilayah kutubnya dengan kecepatan sekitar 43.000 km per jam.

Dengan rotasi tersebut, durasi satu hari di Jupiter bervariasi dari 9 jam 56 menit di sekitar kutub hingga 9 jam 50 menit di dekat khatulistiwa.

Fakta-fakta lain Planet Jupiter

Dilansir dari Sciencing, berikut adalah fakta-fakta lain Planet Jupiter yang menarik untuk diketahui:

1. Memiliki ukuran yang sangat besar

Raksasa gas Jupiter adalah planet terbesar di tata surya dengan ukuran lebih dari 300 kali ukuran Bumi.

Karena ukurannya yang sangat besar dan awan reflektifnya, Jupiter adalah objek paling terang ketiga di langit malam, setelah bulan dan Venus.

Baca juga: Jupiter, Planet Tertua di Tata Surya

2. Tidak memiliki permukaan padat dan berbatu

Seperti planet gas lainnya, Jupiter tidak memiliki permukaan yang padat dan berbatu. Sebaliknya, planet ini terdiri dari lapisan gas yang berkembang semakin padat dengan kedalaman yang lebih besar.

Secara kimiawi, Jupiter adalah 90 persen hidrogen dan 10 persen helium, dengan sejumlah kecil amonia dan zat lain yang memberi warna cerah pada planet ini.

3. Memiliki cincin

Selain Planet Saturnus, Jupiter juga dikelilingi oleh cincin puing yang datar. Sistem cincin Jupiter lebih kecil dan lebih dekat ke planet daripada Saturnus dan sebagian besar berisi butiran kecil batu dan debu.

Cincin Jupiter tidak mengandung es, sehingga tidak tampak cemerlang dan reflektif seperti cincin Saturnus.

Baca juga: Mengapa Planet Jupiter Memiliki Puluhan Bulan?

4. Memiliki Bintik Merah Besar

Seluruh permukaan Jupiter ditutupi oleh awan yang banyak di antaranya terdiri dari gas amonia. Awan ini terbentang menjadi garis-garis oleh angin kencang di atmosfer planet.

Bintik Merah Besar, yakni bercak merah yang sangat terkenal di belahan selatan Jupiter, adalah badai raksasa bertekanan tinggi yang telah terbentuk selama lebih dari 300 tahun.

5. Memiliki lebih dari 60 satelit

Lebih dari 60 satelit atau bulan yang diketahui mengorbit Planet Jupiter. Beberapa satelit Jupiter sangat kecil dan memiliki orbit yang kacau.

Sementara itu, ada pula satelit lain yang berukuran besar dan stabil, seperti empat bulan yang ditemukan oleh Galileo, yakni Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com