Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Dewasa Juga Bisa Tantrum, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 02/09/2023, 15:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Melihat anak kecil tantrum di depan umum adalah hal yang wajar. Sebagian besar dari kita melihatnya sebagai sesuatu yang normal dan bagian dari perkembangan masa anak-anak.

Anak-anak, terutama balita, terkadang kesulitan mengontrol dan mengekspresikan emosinya. Saat kita belajar mengatur emosi dan mengungkapkan kebutuhan kita dengan lebih baik, kita biasanya tidak lagi mengalami ledakan emosi ini.

Namun, faktanya, orang dewasa juga bisa mengalami tantrum. Hal ini dapat melibatkan pergolakan akibat frustrasi atau kemarahan.

Dalam beberapa kasus, ledakan emosi ini mungkin berhubungan dengan kondisi kesehatan mental, termasuk gangguan kepribadian.

Baca juga: Kenapa Ada Orang yang Menangis Saat Marah?

Penyebab orang dewasa tantrum

Dilansir dari PsychCentral, orang dewasa dapat mengalami tantrum karena berbagai alasan dan tidak selalu mudah untuk mengetahui mengapa seseorang mengalaminya.

Meskipun banyak orang beranggapan ledakan emosi itu untuk mendapatkan perhatian, ada berbagai kemungkinan alasannya.

Terkadang, kemarahan orang dewasa digunakan sebagai sarana untuk memanipulasi orang lain. Jika seseorang merasa malu atau takut, ia mungkin sengaja melampiaskan amarahnya.

Namun, dalam kasus tertentu, amarah tidak berasal dari emosi. Seseorang mungkin kesulitan mengatur emosinya jika sedang kewalahan sehingga sulit mengekspresikan perasaannya dengan cara yang konstruktif.

Kemarahan orang dewasa juga bisa dikaitkan dengan kondisi kesehatan mental. Misalnya, statistik menunjukkan bahwa 20-67% orang dengan sindrom Tourette mungkin mengalami serangan kemarahan.

Baca juga: Kenapa Orang Sering Marah Saat Mengemudi?

Serangan kemarahan ini tidak dilakukan dengan tujuan untuk memanipulasi orang lain, namun sebagai pelepasan kemarahan yang terpendam. Serangan kemarahan mungkin terfokus pada orang lain atau diri sendiri.

Cara mengatasi tantrum bagi orang dewasa

Jika Anda pernah atau kerap mengalami tantrum dan merasa terganggu dengannya, berikut adalah beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengatasi tantrum, sebagaimana dilansir dari Healthline:

1. Ketahui pemicunya

Kita tidak bisa membuat rencana untuk setiap kondisi yang dapat memicu tantrum. Namun, mengetahui jenis situasi apa yang cenderung membuat Anda marah atau kesal dapat membantu menemukan strategi untuk mencegah ledakan emosi.

Mulailah dengan membuat daftar situasi ketika Anda kehilangan kendali atau melacak ledakan emosi selama beberapa minggu untuk mengidentifikasi polanya.

Baca juga: Apakah Efek Tidur Sambil Marah?

Setelah berhasil mengidentifikasi pemicu potensial, Anda dapat mengembangkan strategi untuk menanganinya sebagai berikut:

Jika keadaan di sekitar membuat Anda kesal, cobalah berjalan-jalan atau mencari tempat yang tenang untuk menyendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com