Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Olahraga Angkat Beban Bisa Menunda Penuaan Kulit?

Kompas.com - 21/08/2023, 08:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Olahraga baik untuk kesehatan fisik dan juga mental.Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Scientific Report menunjukkan, olahraga juga dapat mencegah penuaan kulit.

Penuaan pada kulit ini dapat dicegah dengan olahraga angkat beban. Lapisan kedua kulit yaitu dermis, semakin menipis seiring bertambahnya usia.

Seseorang juga bakal kehilangan protein seperti kolagen dan elastin, yang menyebabkan kulit berkerut dan kendur.

Proses alami ini, bersama dengan faktor lingkungan, genetik, dan gaya hidup, semuanya memengaruhi penampilan kita seiring bertambahnya usia.

Banyak produk dan suplemen perawatan kulit menjanjikan untuk memperlambat penuaan kulit.

Namun, dikutip dari Verywellhealth, Sabtu (19/8/2023) studi baru menunjukkan, olahraga juga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan struktur kulit.

Baca juga: Apakah Efek Memakai Ulang Pakaian Olahraga yang Kotor?

Manfaat olahraga angkat beban

Menurut para peneliti, manfaat olahraga seperti angkat beban meningkatkan ketebalan kulit lebih banyak daripada bentuk olahraga lainnya.

Latihan angkat beban ini mungkin dapat meningkatkan aktivitas gen tertentu yang menghasilkan protein untuk memperkuat jaringan kulit.

Tetapi beberapa ahli kesehatan tidak terlalu yakin bahwa olahraga sendiri akan berdampak pada pengencangan wajah secara alami bagi setiap orang.

Hasil studi tentang manfaat olahraga angkat beban terhadap kulit ini dilakukan terhadap 56 wanita berusia 41-59 tahun yang tinggal di Kusatsu, Jepang.

"Perbedaan dalam paparan sinar matahari, polusi, diet, dan perilaku kesehatan lainnya semuanya dapat memengaruhi bagaimana hasil ini berlaku untuk populasi lain" ungkap Janiene Luke, dokter kulit bersertifikat dan profesor dermatologi di Loma Linda University of Medicine yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

"Penelitian tambahan yang lebih besar diperlukan untuk memahami efek olahraga pada penuaan kulit," katanya lagi.

Baca juga: Apakah Tidur dengan Lampu Menyala Tidak Baik untuk Kesehatan?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com