Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Makan Buah Membantu Tubuh Tetap Terhidrasi?

Kompas.com - 26/07/2023, 09:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Makan buah adalah salah satu cara sederhana untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, selain dari minum air secara rutin.

Jadi selain minum air putih yang cukup, makan buah juga dapat menjadi sumber lain agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. 

Sebab, dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi, akan dapat membantu tubuh supaya tetap mampu menjalankan fungsi penting seperti mengatur suhu tubuh.

Tidak minum cukup air dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat menyebabkan kram otot, mulut kering, kelelahan, kelelahan, sakit kepala, detak jantung cepat, dan tekanan darah rendah.

Dikutip dari Very Well Health, Selasa (25/7/2023) mengonsumsi buah dan sayuran, serta minum jenis cairan lain seperti smoothie dan kaldu juga dapat membantu untuk tetap terhidrasi.

Baca juga: Apakah Manfaat Makan Buah dan Sayur untuk Kesehatan?

"Kebutuhan hidrasi dapat dipenuhi melalui berbagai sumber selain air minum, (makan) buah dan sayuran mentah juga berkontribusi terhadap kebutuhan cairan karena kandungan airnya yang tinggi," kata Candace Pumper, MS, RD, LD, ahli diet di The Ohio State University Wexner Medical Center.

Air yang didapat dari makan buah

Menurut Catalina Ruz, RDN, ahli diet di Top Nutrition Coaching, buah padat nutrisi seperti stroberi, semangka, dan melon merupakan sumber hidrasi yang menyegarkan dan lezat.

Buah benar-benar dapat diperhitungkan sebagai bagian dari hidrasi karena kandungan airnya yang tinggi. Beberapa sangat menghidrasi karena mengandung lebih dari 90 persen air,” kata Ruz.

"Selain itu, buah-buahan yang secara alami manis dapat menarik individu yang cenderung tidak cukup mengonsumsi air putih," katanya lagi.

Namun meski buah-buahan menyumbang kebutuhan air untuk tubuh, seseorang tetap akan kesulitan untuk tetap terhidrasi hanya dengan makan buah.

Baca juga: Apakah Ada Efek Samping Makan Buah Nanas?

 

Kendati demikian, menurut Ruz, buah tidak boleh menjadi pengganti air atau menjadi satu-satunya hal yang dikonsumsi agar tetap terhidrasi.

"Penting bagi kita untuk memenuhi sebagian kebutuhan hidrasi melalui buah dan sayuran, tetapi tetap penting untuk mengonsumsi air sepanjang air," paparnya.

Lebih lanjut, Pumper menambahkan bahwa ada minuman selain air yang dapat diminum untuk menghidrasi tubuh, misalnya air kelapa, kaldu, dan smoothie.

Pumper juga mencatat bahwa status hidrasi harian tubuh seseorang pada umumnya bisa terjaga dengan baik selama ada cairan dan makanan yang tersedia dan seimbang dalam diet Anda.

“Makan seimbang berarti kita tidak hanya mengandalkan satu kelompok atau item makanan untuk kecukupan gizi. Hidrasi tidak perlu membosankan. Pertimbangkan preferensi Anda dan tambahkan beberapa buah dan sayuran yang menghidrasi ke piring Anda," pungkasnya.

Baca juga: Apakah Buah Tin Bisa Membantu Turunkan Berat Badan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com