Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Kompas.com - 20/08/2023, 13:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Air sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Sementara itu minum air hangat mungkin memiliki manfaat tambahan, seperti membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan sirkulasi, dan mengurangi stres.

Baca juga: Mengapa Minum Air Hangat Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ada pendapat yang mengatakan bahwa minum air hangat adalah cara mudah untuk meningkatkan kesehatan. Meski demikian, penelitian ilmiah tentang manfaat minum air hangat masih sedikit.

Manfaat minum air hangat

Dirangkum dari Healthline dan Medical News Today, berikut adalah beberapa manfaat potensial dari minum air hangat.

  1. Pencernaan yang lebih sehat

    Ketika seseorang tidak minum cukup air, usus kecil menyerap sebagian besar air yang dikonsumsi melalui makanan dan minuman. Hal ini menyebabkan dehidrasi dan dapat mempersulit buang air besar.

    Minum air hangat dapat membantu memecah makanan lebih cepat daripada minum air dingin. Ini mengurangi risiko sembelit dengan mendorong gerakan usus yang lebih teratur.

    Baca juga: Minum Air Hangat Saat Batuk, Menyembuhkan atau Hanya Efek Sementara?

  2. Detoksifikasi tubuh

    Air hangat diyakini dapat membantu detoksifikasi tubuh. Saat air cukup hangat untuk menaikkan suhu tubuh seseorang, itu bisa menyebabkan keringat, yang mengeluarkan racun dan dapat membantu membersihkan pori-pori.

  3. Peningkatan sirkulasi

    Air hangat dapat memperluas pembuluh darah sehingga mampu meningkatkan sirkulasi. Ini dapat membantu otot rileks dan mengurangi rasa sakit.

    Meskipun tidak ada penelitian yang secara langsung menghubungkan air hangat dengan peningkatan sirkulasi yang berkelanjutan, perbaikan sirkulasi yang singkat pun dapat mendukung aliran darah yang lebih baik ke otot dan organ tubuh.

  4. Dapat meredakan hidung tersumbat
    Ilustrasi minum air hangat. Minum air hangat, terutama di pagi hari segera setelah bangun, ternyata jauh lebih sehat manfaatnya dibandingkan air dingin. Ilustrasi minum air hangat. Minum air hangat, terutama di pagi hari segera setelah bangun, ternyata jauh lebih sehat manfaatnya dibandingkan air dingin.

    Memegang secangkir air hangat dan menghirup uapnya dalam-dalam dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat dan bahkan meredakan sakit kepala sinus.

    Karena memiliki selaput lendir di seluruh sinus dan tenggorokan, minum air hangat juga dapat membantu menghangatkan area tersebut dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir.

    Menurut studi tahun 2008, minuman panas, seperti teh, memberikan kelegaan yang cepat dan bertahan lama saat pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan kelelahan.

    Baca juga: Minum Air Hangat Lebih Sehat Ketimbang Air Dingin

  5. Dapat meningkatkan fungsi sistem saraf pusat

    Tidak mendapatkan cukup air, hangat atau dingin, dapat berdampak negatif pada fungsi sistem saraf, yang pada akhirnya memengaruhi suasana hati dan fungsi otak.

    Penelitian tahun 2019 menunjukkan bahwa air minum dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat, serta suasana hati.

    Penelitian ini melaporkan, air minum dapat meningkatkan aktivitas otak seseorang selama melakukan aktivitas di bawah tekanan dan juga mengurangi kecemasan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com