Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2023, 04:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Dibandingkan air dingin, minum air hangat diyakini banyak orang dapat memberikan lebih banyak manfaat bagi kesehatan, terutama di pagi hari.

Memulai hari dengan segelas air putih hangat atau air lemon hangat dapat memberi efek menenangkan.

Dilansir dari Healthline, Sabtu (1/4/2023), manfaat minum air hangat dapat membantu tubuh kita tetap terhidrasi, serta dapat membantu meredakan hidung tersumbat, menghilangkan stres hingga membantu tubuh merasa lebih hangat.

Alasan minum air hangat lebih baik

Kendati demikian, minum air hangat maupun dingin, tetap memiliki peran penting dalam membantu tubuh tetap terhidrasi dan mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

Lantas, mengapa minum air hangat dianggap lebih baik dan apa manfaatnya bagi tubuh?

1. Air hangat membantu pencernaan

Manfaat yang baik dengan minum air hangat, terutama saat makan, akan dapat membantu sistem pencernaan mencerna makanan dengan baik.

Baca juga: Mengapa Minum Air yang Cukup Sangat Penting saat Puasa Ramadan?

Tubuh akan mampu menghilangkan limbah dalam usus dan perut. Secara teori, dengan minum air hangat dapat melarutkan dan menghilangkan makanan yang mungkin sulit dicerna tubuh.

Kendati sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Gastroenterology Nursing tahun 2016, menunjukkan bahwa air hangat mungkin memiliki efek yang baik dalam membantu pergerakan usus dan pengeluaran gas setelah operasi, namun studi lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan manfaat air hangat pada sistem pencernaan.

2. Meredakan hidung tersumbat

Air hangat yang sedikit panas, akan mengeluarkan uap. Dengan memegang cangkir berisi air hangat atau panas, dan menghirup uap tersebut dapat membantu melegakan sinus atau hidung tersumbat, bahkan dapat meredakan sakit kepala sinus.

Jika Anda memiliki selaput lendir di seluruh sinus dan tenggorokan, maka minum air panas atau air hangat dapat membantu menghangatkan area tersebut.

Lendir yang menumpuk juga bisa membuat rasa sakit di tenggorokan, minum segelas air hangat akan membantu meredakannya.

Baca juga: Mengapa Manusia Tak Bisa Minum Air Asin?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com