Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Melon merupakan buah dengan daging berair dan rasa yang manis. Melon sangat segar dikonsumsi saat cuaca panas.

Melon mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti serat, vitamin C, vitamin B6, folat, potasium, vitamin K, dan lain-lain. Dengan demikian, tidak mengherankan jika melon menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Manfaat buah melon

Melansir Healthline, berikut adalah beberapa manfaat buah melon untuk kesehatan.

1. Membantu menurunkan tekanan darah

Secara umum, pola makan kaya buah dan sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Baca juga: 5 Manfaat Teh Kembang Sepatu untuk Kesehatan

Lebih khusus lagi, sudah diketahui bahwa makanan rendah sodium dan asupan potasium yang cukup dapat secara positif memengaruhi kontrol tekanan darah.

Karena melon adalah buah rendah sodium dan kaya potasium, buah ini dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

Jika ingin meningkatkan asupan potasium, coba tambahkan melon ke dalam menu harian. Melon adalah sumber potasium yang baik, dengan porsi 1 cangkir (177 gram) menyediakan 12% folat dari kebutuhan harian.

2. Mendukung kesehatan tulang

Melon mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk memperbaiki dan memelihara tulang yang kuat, termasuk folat, vitamin K, dan magnesium.

Baca juga: 7 Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Melon juga merupakan sumber folat yang baik. Folat sangat penting untuk pemecahan homosistein. Homosistein yang lebih tinggi yang telah dikaitkan dengan penurunan kepadatan mineral tulang dari waktu ke waktu.

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menarik kesimpulan pasti tentang hubungan antara folat dan kesehatan tulang, mengonsumsi makanan yang mengandung folat, seperti melon, dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan memastikan kadar homosistein tetap dalam kisaran normal.

Di samping itu, vitamin K terlibat dalam produksi protein struktural utama dalam tulang yang dikenal sebagai osteokalsin.

Oleh sebab itu, asupan vitamin K yang cukup sangat penting untuk kesehatan tulang. Satu porsi melon menyediakan 6% dari kebutuhan harian vitamin K.

Baca juga: 6 Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan

3. Meningkatkan kontrol gula darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan buah-buahan, seperti melon, secara teratur dapat meningkatkan kadar gula darah yang sehat.

Sebuah studi selama tujuh tahun pada setengah juta peserta menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah segar setiap hari memiliki kemungkinan 12% lebih kecil untuk terkena diabetes, dibandingkan dengan mereka yang jarang makan buah.

Pada peserta yang sudah menderita diabetes sejak awal penelitian, makan buah, setidaknya tiga kali seminggu, menyebabkan risiko 13-28% lebih rendah mengalami komplikasi kesehatan terkait diabetes, selain risiko kematian dini yang 17% lebih rendah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com