Seperti Apa Fosil Penyu Terlengkap dari Zaman Jurassic?

Kompas.com - 09/08/2023, 09:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Fosil penyu berasal dari zaman Jurassic kuno yang terawetkan dengan sangat baik telah ditemukan di Jerman.

Namun bukan hanya itu saja, fosil ini juga merupakan fosil penyu Jurassic pertama yang terlengkap. Fosil diketahui memiliki tengkorak lengkap, cangkang, dan keempat anggota badan.

Penyu dengan kepala besar dan berenang melalui perairan dangkal laut tropis yang menutupi Eropa ini hidup sekitar 150 juta tahun lalu.

Temuan fosil penyu

Dikutip dari IFL Science, Selasa (8/8/2023) ada beberapa situs fosil yang sangat penting yang telah membantu ilmuwan mengungkap serangkaian spesimen purba yang pernah menjelajahi daratan dan lautan Bumi di masa lalu.

Formasi Torleite dekat Painten di tenggara Jerman adalah salah satunya.

Baca juga: Seperti Apa Fosil Ubur-ubur Tertua yang Pernah Ditemukan?

Selain tambang aktif, tempat tersebut juga merupakan rumah bagi fosil ratusan makhluk laut Jurassic seperti kura-kura, buaya, ikan, dan bahkan reptil laut raksasa seperti ichthyosaurus dan plesiosaurus.

Di tempat ini, pada tahun 2014 ilmuwan menemukan spesimen baru dari spesies penyu Solnhofia parsonsi yang berusia sekitar 150 juta tahun.

Daerah ini dikenal sebagai Alb Franconian dan mengandung sejumlah besar batuan sedimen laut dari Jurassic Bawah dan Atas.

Daerah spesifik di mana spesimen penyu ditemukan baru mulai diselidiki dalam 20 tahun terakhir dan telah menyediakan banyak spesimen dalam kelompok taksonomi yang berbeda.

Variasi dalam spesimen purba, termasuk fosil penyu Zaman Jurassic, membuat para ilmuwan berpendapat bahwa daerah ini pernah terhubung ke laut lepas.