Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2023, 19:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Saat air mata menetes dan menyentuh bibir, mungkin di antara Anda bertanya-tanya, mengapa rasanya asin.

Air mata rasanya asin ternyata karena mengandung elektrolit, yaitu garam alami yang dibutuhan oleh tubuh kita, dikutip dari Science ABC, Selasa (25/7/2023).

Saat kita menangis, entah karena rasa emosi, sedih setelah menonton adegan film atau saat mengiris bawang, secara alami air mata akan menetes.

Penting untuk dipahami, bahwa mata kita adalah salah satu bentuk adaptasi yang paling mengagumkan dari tubuh.

Sebab, tak hanya berperan penting sebagai organ penglihatan, tetapi juga memiliki mekanisme dan sistem yang rumit untuk menjaga organ ini tetap aman.

Organ mata memiliki mekanisme yang sangat baik untuk kita. Memastikan agar mata tidak kering saat terbuka adalah hal yang sangat penting, itu sebabnya mengapa mata selalu berkedip.

Baca juga: Mengapa Minum Air Hangat Lebih Baik untuk Kesehatan?

Namun, saat air mata kita menetes, lalu menyentuh bibir, seringkali indera perasa atau lidah akan merasakan rasa asin pada air mata.

Jadi, mengapa air mata kita terasa asin, itu karena elektrolit yakni garam yang terdapat di dalamnya.

Air mata rasanya asin

Elektrolit pada air mata adalah garam alami yang diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi sistem saraf dan transfer informasi di antara sel-sel saraf yang berbeda.

Pada saat Anda menjulurkan lidah dan merasakan sedikit garam dalam air mata, hal ini menunjukkan betapa sensitifnya indera perasa kita.

Sekitar 98 persen air mata kita terbuat dari air murni, sedangkan 2 persen sisanya mengandung semua zat dan senyawa lain, selain elektrolit atau garam, ada juga kalium, natrium, kalsium, bikarbonat, fosfat dan magnesium.

Bahkan dengan tingkat keasinan yang rendah, air mata tetap dapat memberikan lingkungan mata yang tidak nyaman untuk pertumbuhan bakteri.

Baca juga: Mengapa Minum Air di Pagi Hari Lebih Baik Sebelum Menyikat Gigi?

 

Selain itu, manfaat air mata juga sering digunakan sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh, sehingga rasa asin pada air mata sangat masuk akal untuk melindungi tubuh, terutama mata dari infeksi bakteri atau patogen.

Alasan lain, mengapa air mata itu asin, adalah karena kita, manusia adalah makhluk yang asin. Sebab, hampir setengah pon atau sekitar 227 gram tubuh kita terdiri dari garam.

Jadi cukup masuk akal, jika cairan yang sangat alami ini, air mata,juga memiliki konsentrasi garam.

Air dalam tubuh kita, pada dasarnya asi, meski tidak terlalu asin dibandingkan lautan.

Selain itu, beberapa garam dan ion lain yang ditemukan dalam air mata juga dapat membantu dalam proses pelumasan, perlindungan dan penyembuhan di dalam mata.

Itu lah mengapa air mata kita rasanya asin, dan manfaat rasa asin itu juga sangat baik untuk perlindungan tubuh dari berbagai infeksi bakteri atau patogen.

Baca juga: Mengapa Minum Air yang Cukup Sangat Penting saat Puasa Ramadan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com