Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/07/2023, 11:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Paus memiliki kebiasaan untuk melompat ke permukaan air setelah beberapa saat menyelam di kedalaman laut.

Kebiasaan unik paus sukamelompat ke permukaan air ini pun tentu menarik perhatian dan membuat bertanya-tanya sebagian orang, mengapa mamalia laut terbesar itu melakukannya?

Alasan paus melompat ke permukaan air

Dikutip dari A-Z Animals, Senin (10/7/2023) perilaku paus yang suka melompat ke permukaan laut ini disebut juga dengan breach.

Banyak spesies yang melakukannya, tetapi paus bungkuk dan paus sperma tampaknya paling sering melakukan aktivitas tersebut dengan melemparkan ekor dan sirip mereka ke air.

Society for Marine Mammology menerbitkan sebuah temuan di Marine Mammal Science Journal yang menjelaskan studi lengkap mereka tentang mengapa paus melakukan breach.

Baca juga: Mengapa Paus Orca Menenggelamkan Kapal?

Penelitian ini dilakukan dengan mengikuti, memantau, dan mencatat 94 kelompok paus dan menganalisis perilaku melompat ke permukaan air.

Selama penelitian, peneliti menemukan perilaku paus melompat ke permukaan air ini merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan mamalia laut tersebut.

Tidak hanya berkomunikasi dalam kawanan mereka, tetapi juga dengan paus lain yang berada ribuan kilometer jauhnya.

Sebagai informasi paus mendengar secara ultrasonik dan infrasonik, tergantung pada spesiesnya. Suara juga sangat penting bagi spesies untuk navigasi, makan, berkembang biak, dan sosial.

Paus atau cetacea menggunakan dada (sirip), ekor, dan peduncle yang merupakan area antara sirip punggung dan ekor untuk menghasilkan suara.

Baca juga: Mengapa Paus Sperma Dinamakan Seperti Itu?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com