Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta-fakta Menarik Galaksi Bima Sakti yang Tak Banyak Diketahui (Bagian 1)

Kompas.com - 05/07/2023, 20:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Galaksi Bima Sakti menjadi rumah dari berbagai benda di luar angkasa, mulai dari bintang, planet, salah satunya Bumi, hingga lubang hitam.

Sayangnya, karena berbagai keterbatasan hanya sedikit hal yang kita ketahui mengenai galaksi tempat Bumi berada, sementara masih banyak aspek lain yang tetap menjadi misteri.

Fakta menarik galaksi Bima Sakti

Lalu apa saja fakta menarik yang setidaknya sudah kita ketahui hingga saat ini, berikut beberapa di antaranya seperti dikutip dari Live Science, Rabu (5/7/2023).

  • Asal nama galaksi Bima Sakti

Fakta menarik dari galaksi ini adalah namanya. Orang-orang kuno memberi nama berbeda untuk struktur galaksi Bima Sakti yang mirip awan ini.

Akan tetapi, nama Bima Sakti atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Milky Way ini penamaannya berasal dari orang Yunani.

Orang Yunani memiliki mitos mengenai bayi Hercules yang dibawa ke dewi Hera yang merawatnya saat ia tidur. Namun saat Hera terbangun dan menarik diri, ASI-nya tumpah ke langit.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Jupiter, Planet Terbesar di Tata Surya

"Sumber nama Yunani itu sendiri telah hilang selama berabad-abad. Itu adalah salah satu istilah yang sangat tua, sehingga asal-usulnya (nama galaksi Bima Sakti) umumnya dilupakan," kata Matthew Stanley, profesor sejarah sains di Gallatin School of Individualized Study di New York University.

  • Jumlah bintang di Bima Sakti

Para astronom masih memperdebatkan cara terbaik untuk mengetahui berapa banyak bintang di Bima Sakti.

Salah satu teknik untuk memperkirakan populasi bintang Bima Sakti adalah dengan melihat seberapa cepat bintang mengorbit di dalamnya, yang memberikan indikasi tarikan gravitasi, dan massa galaksi.

Akan tetapi, angka-angka yang didapat semuanya merupakan perkiraan. Ukuran bintang sangat bervariasi, dan banyak asumsi digunakan untuk memperkirakan jumlah bintang yang berada di Bima Sakti.

Misalnya saja, Satelit Gaia Badan Antariksa Eropa telah memetakan lokasi 1 miliar bintang di galaksi kita, dan para ilmuwannya percaya ini mewakili 1 persen dari total, jadi mungkin fakta menariknya, galaksi Bima Sakti berisi sekitar 100 miliar bintang.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Mars, Planet Merah Dekat Bumi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com