Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2023, 11:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fakta planet Mars yang menarik untuk diketahui, salah satunya adalah misteri masa lalunya yang diyakini para ilmuwan bahwa planet dekat Bumi tersebut menyimpan potensi kehidupan.

Saat ini, planet merah ini tengah menjadi salah satu tujuan eksplorasi luar angkasa dari NASA, ESA bahkan sejumlah agensi luar angkasa lainnya.

Bukannya tanpa sebab, planet terdekat keempat dari Matahari tersebut jaraknya relatif cukup dekat dengan Bumi, bahkan, planet Mars disebut memiliki kehidupan cerdas yang tinggal di sana.

Fakta-fakta planet Mars

Misi berawak pun kini disiapkan untuk mempelajari planet tersebut lebih jauh lagi, termasuk kemungkinan jika suatu saat manusia membangun koloni di planet merah itu.

Akan tetapi, tentu saja masih butuh waktu yang cukup panjang sampai semua itu terwujud.

Sementara itu, mari pahami planet Mars terlebih dahulu melalui beberapa fakta menarik berikut ini.

  • Lama perjalanan menuju planet Mars

Fakta menarik pertama planet Mars adalah jaraknya dengan Bumi. Dikutip dari Science Focus, Sabtu (29/4/2023) jarak antara planet Bumi dan Mars terus berubah, demikian pula jumlah waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Merkurius, Planet Terdekat dengan Matahari

Faktanya, perjalanan tercepat ke planet merah adalah terbang lintas yang dilakukan Mariner pada tahun 1969. Saat itu, wahana antariksa tersebut memerlukan waktu 128 hari untuk tiba di planet Mars.

  • Jumlah satelit planet Mars

Mars memiliki dua satelit yaitu Phobos dan Deimos. Ukuran Phobos lebih besar dari Deimos, yang memiliki diamater 11 km.

Fakta menariknya, kedua satelit tersebut dinamai menurut nama dewa Yunani dan putra kembar dewa Mars. Bulan Mars ini ditemukan pada tahun 1877 oleh astronom Amerika bernama Asaph Hall.

  • Satu hari di Mars

Fakta menarik dari Mars lainnya adalah satu hari di planet merah ini tidak jauh berbeda dengan Bumi.

Planet Mars dan Bumi memiliki panjang hari yang sangat mirip. Satu hari di Mars yang dikenal sebagai 'sol' berlangsung selama 24 jam, 39 menit, dan 35,244 detik Bumi.

  • Negara pertama yang mengunjungi Mars

Setelah manusia mulai penjelajahan luar angkasa, pada tahun 1960, Uni Soviet adalah negara pertama yang mencoba terbang melintasi Mars menggunakan 1M (atau dikenal sebagai Marsnik).

Sayangnya, misi tersebut tidak berhasil. Fakta menariknya, Amerika Serikat-lah yang kemudian menjadi negara pertama yang berhasil mencapai planet Mars, ketika Mariner 4 terbang melewati Planet Merah pada Juli 1965.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Venus, Planet yang Disebut Saudara Bumi

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com