Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/04/2023, 12:34 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber History


KOMPAS.com - Penguasa Makedonia kuno, Alexander the Great atau Alexander Agung dikenal sebagai salah satu ahli strategi militer terbesar dalam sejarah.

Melalui penaklukkannya yang berulang kali, ia berhasil membangun kerajaan terbesar di dunia kuno, dan dikenang sebagai orang yang brilian, kharismatik dan kejam.

Fakta menarik Alexander Agung

Terlepas itu, Alexander Agung juga memiliki sisi-sisi menarik yang mungkin tak banyak diketahui.

Apa saja, berikut beberapa fakta mengejutkan sosok Alexander Agung seperti dikutip dari History, Selasa (11/4/2023).

 

Fakta menarik dari sosok penguasa Makadonia ini yakni saat ayahnya, Philip II mempekerjakan salah satu filsuf terbesar dalam sejarah, yakni Aristoteles. Ia punya tugas untuk mendidik Alexander yang saat itu berusia 13 tahun.

Sedikit yang diketahui selama Alexander berada dalam asuhan Aristoteles, tapi mungkin pendekatan filsuf tersebut yang bijak tetapi duniawi telah meresap pada Alexander.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Cleopatra Sang Ratu Mesir

  • Alexander Agung tidak pernah kalah perang

Salah satu fakta menarik seorang Alexander Agung adalah selama 15 tahun penaklukan yang dilakukan, ia tidak pernah mengalami kekalahan. Ini mungkin yang jadi alasan mengapa taktik dan strategi militer Alexander Agung masih dipelajari di akademi militer hingga saat ini.

Dari kemenangan pertamanya pada usia 18 tahun, Alexander memperoleh reputasi memimpin anak buahnya ke pertempuran dengan kecepatan yang mengesankan, memungkinkan pasukan yang lebih kecil untuk mencapai dan mematahkan garis musuh sebelum mereka siap.

Setelah mengamankan kerajaannya di Yunani pada tahun 334 SM. Alexander menyeberang ke Asia (sekarang Turki) di mana ia memenangkan serangkaian pertempuran dengan Persia.

  • Menamai lebih dari 70 kota dengan namanya sendiri

Alexander the Great memperingati penaklukannya dengan mendirikan lusinan kota (biasanya dibangun di sekitar benteng militer sebelumnya) yang selalu dia beri nama Alexandria.

Paling terkenal didirikan di muara Sungai Nil pada tahun 331 SM, yang sekarang menjadi kota terbesar kedua di Mesir.

Namun ada fakta yang menarik saat menaklukkan wilayah India, Alexander Agung justru mendirikan kota yang kemudian diberi nama Bucephala. Nama itu berdasarkan kuda kesayangannya yang terluka parah dalam pertempuran.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Nefertiti Ratu Mesir Kuno yang Kharismatik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com