Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta-fakta Menarik Nefertiti Ratu Mesir Kuno yang Kharismatik

Kompas.com - 03/02/2023, 19:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Selain Cleopatra, salah satu Ratu Mesir kuno yang juga cukup tersohor adalah Nefertiti. Kecantikan Nefertiti juga disebut tak kalah dengan Cleopatra, dan ini menjadi salah satu fakta menarik dari ratu Mesir ini.

Kendati demikian, fakta menarik dari sosok Nefertiti adalah kehidupan sang ratu yang sangat misterius di zaman Mesir kuno. Dia dikenal sebagai ratu yang sangat kuat dan m,erupakan isteri Firaun Akhenaten yang memerintah Mesir kuno dari 1353 hingga 1336 SM.

Bahkan, diduga Nefertiti sempat menjadi Firaun menggantikan Akhenaten, dengan memerintah Kerajaan Baru langsung setelah kematian suaminya.

Fakta menarik Nefertiti

Asal-usul kelahiran hingga teka-teki kematian Nefertiti juga menjadi fakta menarik dari sosok Ratu Mesir kuno ini.

Berikut ini fakta-fakta menarik Nefertiti, sang ratu Mesir kuno yang dikenal tangguh dan kharismatik, seperti dikutip dari History dan World History Encyclopedia, Jumat (3/2/2023).

1. Kehidupan awal Nefertiti

Para ahli arkeologi meyakini bahwa mungkin Nefertiti adalah putri Ay, seorang penasihat utama kerajaan Mesir kuno, yang kemudian menjadi firaun setelah kematian Raja Tut pada tahun 1323 SM.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Cleopatra Sang Ratu Mesir

Menurut History, sebuah teori menyatakan bahwa Nefertiti adalah seorang putri dari kerajaan Mittani di Suriah utara.

Kendati faktanya Nefertiti mungkin adalah putri Ay, namun teori ini masih dianggap cukup jauh dari bukti. Dalam sebuah prasasti menyebutkan bahwa isteri Ay, Tiye atau Tey, merupakan ibu susu Nefertiti, yang artinya dia disebut bukan ibu kandungnya.

Ay, ayah Nefertiti, merupakan penasihat yang mendidik Amenhotep IV muda, yang kemudian menjadi Firaun Akhenaten. Saat masih kecil, Amenhotep IV diperkenalkan Ay kepada Nefertiti.

Pada saat Nefertiti berusia 15 tahun, dia menikah dengan Amenhotep IV dan memiliki 6 anak perempuan. Setelah kematian Amenhotep III, dia menjadi ratu Mesir bergelar Permaisuri Agung.

2. Nefertiti dan gelar wanita tercantik

Pada tahun kelima masa pemerintahan Amenhotep IV, dia menggantikan dewa utama Mesir Amon menjadi Aten, Dewa Matahari. Dia juga mengganti namanya menjadi Firaun Akhenaten, dan saat memerintah juga memindahkan ibu kota ke utara yakni ke Amarna.

Fakta menarik Nefertiti lainnya juga menyebut bahwa ia mengambil nama tambahan, yakni “Neferneferuaten” dan secara lengkap namanya berarti 'Beautiful are beauties of Aten, a Beautiful Woman has come'.

Baca juga: Fakta-fakta Mengejutkan tentang Bangsa Romawi Kuno

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com