Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Mana Tempat Terdalam di Lautan Bumi?

Kompas.com - 25/06/2023, 19:34 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Tempat terdalam di Bumi ada di lautan. Di tempat tersebut kita akan menemui banyak makhluk hidup yang mungkin tampak seperti kehidupan di luar Bumi.

Tahukah Anda, bahwa ternyata tempat terdalam di lautan Bumi itu ada di Samudra Pasifik, yakni apa yang dikenal sebagai Palung Mariana.

Dilansir dari Live Science, Minggu (25/6/2023), Palung Mariana adalah titik terdalam Bumi, tepatnya yang disebut dengan Challenger Deep yang berada di dekat wilayah Guam, Amerika Serikat.

Menurut jurnal Earth-Science Reviews yang diterbitkan tahun 2019, tempat terdalam di Palung Mariana ini berada di kedalaman hampir 38.000 kaki atau sekitar 10.973 meter di bawah permukaan air.

Palung Mariana tempat terdalam di dunia

Palung Mariana merupakan jurang samudra sepanjang 2.542 Km dan ditemukan memiliki beberapa titik terdalam di Bumi ini.

Tercatat hanya 27 orang yang dilaporkan pernah pergi ke Challenger Deep, yakni titik terdalam di Palung Mariana.

Baca juga: Di Mana Tempat Terdingin di Tata Surya?

Orang pertama yang pernah mengunjungi tempat tersebut adalah Jacques Piccard dan Letnan Angkatan Laut Don Walsh, yang menjelajah tempat terdalam di dunia pada tahun 1960.

Titik terdalam lainnya di Palung Mariana, Sirena Deep pernah dijelajahi peneliti dari University of Hawaii di Manoa, Mackenzie Gerringer dan timnya.

Sirena Deep adalah titik terdalam lainnya di palung ini dengan kedalaman mencapai 34.448 kaki atau sekitar 10.500 meter.

Gerringer dan timnya mengamati kegelapan di dunia bawah laut di titik terdalam Bumi tersebut.

"Tidak ada sinar matahari. Temperaturnya dingin, biasanya sekitar 1-2 derajat Celsius. Tekanannya tinggi hingga 15.000 pon per inci persegi di kedalaman laut yang paling dalam," kata Gerringer.

Kehidupan di tempat terdalam di Bumi

Lingkungan laut dalam di tempat terdalam di Bumi tersebut memang sangatlah ekstrem, namun lautan dalam itu juga merupakan bagian dari planet ini.

Baca juga: Di Mana Tempat Terdingin di Alam Semesta?

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com