Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2023, 10:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Meski benua Antartika disebut sebagai wilayah terdingin di Bumi. Namun, ternyata benua tersebut bukan satu-satunya tempat terdingin di dunia.

Seorang penjelajah Antartika bernama Ernest Shackleton menulis surat yang dikirimkan pada temannya Kitty Pogson, sosialita London. Dalam surat itu, ia menceritakan bagaimana cuaca yang sangat dingin.

Ia juga menulis tentang bencana yang harus ia hadapi selama ekspedisinya di Antartika pada bulan September 1902. Pasalnya, suhu terendah di sana bisa mencapai minus 52,2 derajat Celsius.

Namun, Antartika bukanlah tempat dingin satu-satunya di muka Bumi ini. Penduduk kota di bagian lain dunia secara rutin mengalami suhu yang sama dinginnya. Kota apakah itu?

Dikutip dari Live Science, Rabu (25/1/2023) penghargaan kota terdingin di dunia diraih oleh kota Yakutsk, Rusia.

Terletak di Siberia, salah satu wilayah terdingin dan berpenduduk paling jarang ini menjadi rumah bagi sekitar 336.200 orang. Banyak di antaranya bekerja untuk Alrosa, sebuah perusahaan yang menjalankan tambang berlian di kota.

Baca juga: Di Mana Makam Cleopatra?

Suhu kota terdingin di dunia, Yakutsk dapat mencapai minus 60 derajat Celsius. Namun menariknya, penduduk kota ini bersikeras mereka telah mengalami hari-hari yang jauh lebih dingin.

Hanya saja mereka tak dapat memverifikasinya karena termometer menunjukkan minus 63 Celsius saja.

Meski Yakutsk adalah kota terdingin, ada tempat lain yang berpenghuni permanen dengan populasi lebih sedikit yang bahkan lebih dingin.

Tempat itu bernama Oymyakon, pemukiman Rusia yang berpenduduk sekitar 500 orang. Suhu di sana pada tahun 1924 tercatat mencapai minus 71,2, derajat Celsius.

Agak mengherankannya, Yakutsk dan Oymyakon tidak begitu dekat satu sama lain. Keduanya terpisah sejauh 928 Km dan berkendara dari satu tempat ke tempat yang lain akan memakan waktu sekitar 21 jam.

Lantas, mengapa kedua tempat ini menjadi kota terdingin hingga dinginnya seakan menusuk tulang dan mengapa orang mau hidup di lingkungan yang sulit itu?

Baca juga: Di Mana Tempat dengan Suhu Terdingin di Tata Surya?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com