Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/05/2023, 19:20 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang sejarawan seni Italia mengklaim telah berhasil mengidentifikasi lokasi yang ada pada latar belakang lukisan Mona Lisa.

Temuan ini pun memecahkan misteri di mana lokasi lukisan Leonardo da Vinci itu dibuat.

Dikutip dari IFL Science, Rabu (10/5/2023) sejarawan bernama Silvano Vinceti melihat dokumen sejarah yang baru ditemukan dan kemudian membandingkan lanskap saat ini dengan latar belakang lukisan dengan menggunakan drone.

Vinceti meyakini lokasi latar belakang lukisan Mona Lisa itu merupakan jembatan yang ada Tuscany, Italia.

"Itu adalah jembatan Romito Etruscan- Romawi yang juga dikenal sebagai Ponte di Valle. Jembatan terletak di kotamadaya Laterina di provinsi Arezze," kata Vinceti.

Menurutnya saat ini hanya satu lengkungan yang tersisa dari jembatan itu. Akan tetapi pada periode antara 1501-1503 jembatan itu berfungsi dan sangat sibuk.

Baca juga: Siapa Sosok Asli Mona Lisa di Lukisan Leonardo Da Vinci?

Bukti lokasi di mana lukisan Mona Lisa dibuat tersebut ditunjukkan oleh dokumen status aset properti keluarga Medici yang ditemukan di Arsip Negara Bagian Florence.

Sebelumnya, orang-orang menduga jembatan yang terlihat di lukisan Mona Lisa adalah Ponte Buriano di sungai Arno atau Ponte Vecchio di Bobbio.

Namun, Ponte di Valle dianggap lebih sesuai karena memiliki empat lengkungan, membuatnya lebih pas daripada jembatan lain yang memiliki enam lengkungan atau lebih. Vinceti juga menyebut pemandangannya cocok dengan lukisan Leonardo da Vinci.

"Bentuk khas di sepanjang bentangan wilayah itu sesuai dengan apa yang digambarkan da Vinci dalam lanskap sebelah kiri wanita bangsawan dalam lukisan terkenal Mona Lisa," ungkap Vinceti.

Meski sebagian besar sudah runtuh, jembatan itu kini berfungsi sebagai jalan pintas antara Arezzo, Fiesole, dan Florence.

Dokumen yang diperiksa Vinceti pun menunjukkan bahwa sang pelukis Mona Lisa itu sering tinggal di Fiesole bersama pamannya, seorang pendeta bernama Amadori.

Baca juga: Mengapa Lukisan Mona Lisa Terkenal?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com